Kepraktisan Dan Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis ICT

Main Article Content

Dumiyati Dumiyati
Agus Wardhono
Edy Nurfalah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa praktis dan efektif model pembelajaran English For Specific Purpose (ESP) berbasis ICT dalam meningkatkan  kemandirian belajar mahasiswa. Penerapan model pembelajaran dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prodi pendidikan Bahasa Inggris Unirow Tuban. Pengumpulan data menggunakan instrumen  pengamatan, kuesioner, dan tes. Pelaksanaan analisis data mempergunakan statistik deskriptif untuk uji kepraktisan dan keefektifan. Hasil analisis data menunjukan keterlaksanaan model tergolong tinggi (praktis). Keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis ICT terlihat pada 5 aspek yaitu pengelolaan pembelajaran, aktivitas belajar dan kemandirian belajar mahasiswa tergolong tinggi; ketuntasan belajar individual dan klasikal tercapai, mahasiswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis ICT.

Kata Kunci: Kepraktisan, keefektifan, e-learning, ICT.

Article Details

How to Cite
Dumiyati, D., Wardhono, A., & Nurfalah, E. (2019). Kepraktisan Dan Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis ICT. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p1-14
Section
Articles
Author Biography

Edy Nurfalah, Universitas PGRI Ronggolawe

Pendidika Matematika

References

Mendeley_APA