Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar

Main Article Content

Eva Pramaswari

Abstract

Perhatian  yang  diberikan  oleh  orangtua  juga  meningkatkan  motivasi  belajar  anak.  Ketika orangtua yang berpendidikan tinggi secara tidak langsung anak  akan termotivasi  untuk belajar karena orangtua selalu memberikan pengertian kepada anak  bahwa pendidikan sangat  penting untuk  kehidupan  dimasa  mendatang,  selain  itu  anak  juga  mampu  menghadapi  masalah  yang dihadapi  dalam  kehidupan  di  masyarakat.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  pengaruh tingkat  pendidikan  orang  tua  terhadap  motivasi  belajar.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  menggunakan  regresi  sederhana.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  terdapat  pengaruh  yang  positif  dan  signifikan  tingkat  pendidikan  orang  tua  terhadap motivasi  belajar  siswa  di  SMA  Negeri  1  Bangsal  Kabupaten  Mojokerto.  Variable  tingkat pendidikan  orang  tua  memiliki  pengaruh  sebesar  55,5%  terhadap  variable  motivasi  belajar siswa di SMA Negeri 1 Bangsal Kabupaten Mojokerto.

Article Details

How to Cite
Pramaswari, E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p77-82
Section
Articles

References

Andriani, Anik. (2017) pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. STKIP PGRI Sumatera Barat

Cholifah, Tety Nur, I Nyoman Sudana Degeng & Sugeng Utaya. (2016) Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1 (03), 486-491

Subairi, Subairi. (2010). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP NEGERI 1 SOKOBANAH Sampang. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/8352/. Diakses 22 Desember 2017