Pengaruh Iklim Sekolah dan Supervisi Klinis terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Gunungsari Lombok Barat

Authors

  • Lutfiatun Muhibbah

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p116-120

Keywords:

iklim sekolah, supervisi klinis, kualitas proses pembelajaran

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kualitas proses pembelajaran; (2) untuk mengetahui pengaruh supervisi klinis terhadap kualitas proses pembelajaran; dan (3) untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah dan supervisi klinis terhadap kualitas proses pembelajaran secara bersama-sama di sekolah dasar Gunungsari Lombok Barat. Penelitian ini adalah penelitian expost facto. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang guru di Sekolah Dasar di Kecamatan Gunungsari Lombok Barat yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dokumentasi dan observasi.

Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Iklim sekolah berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran dilihat dari nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,518 dan nilai signifikansi sebesar 0,044, dan; 2) Supervisi klinis berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran dilihat dari koefisien korelasi parsial sebesar 1,429 dan nilai signifikansi 0,016, dan; 3) Iklim Sekolah dan Supervisi Klinis berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran dilihat dari hasil F sebesar 5,069 dan nilai signifikansi 0,014 < 0,05 ,dan koefisien determinasi sebesar 23,7%. Oleh karena itu, peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat diupayakan melalui iklim sekolah kondusif dan supervisi klinis.

 Abstract

This research purpose: (1) to know the influence of school climate against quality of learning process; (2) to know the influence of clinical supervision against quality of learning process; and (3) to know the influence of school climate and clinical supervision as together impact on quality of learning process in Elementary School Gunungsari West Lombok. This research is ex post facto. Samples of this study were 30 teachers in an elementary school in the District of Gunungsari West Lombok determined by simple random sampling technique. Data collection instrument was a questionnaire, documentation and observation.

Data analysis using descriptive analysis, regression analysis and partial correlation analysis. The results showed: 1) There is influence between school climate against quality of learning process seen from the partial correlation coefficient of 0.518 and a significance value of 0.044, and; 2) There is influence between Clinical Supervision against  quality of the learning process seen from the partial correlation coefficient of 1.429 and 0.016 significance value, and; 3) There are influence in together between Climate School and Clinical Supervision against quality of the learning process is seen from the F amounted to 5.069 and 0.014 significance value <0.05, and the coefficient of determination of 23.7%. Therefore, improving the quality of learning process can be pursued through a school climate conducive and clinical supervision.

References

Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jasmani & Mustafa, 2013. Supervisi Pendidikan, Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Sekolah dan Guru, Yogyakarta: Arruz Media.

Karta, I.W., 2014. Pengaruh Tunjangan Profesi Dan Iklim Sekolah Terhadap Kualitas Pengelolaan Proses Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Surabaya.

Prapta, et. al., 2013. Hubungan Kualitas Pengelolaan, Supervsi Akademik Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Jembrana. Available at: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/595/381.

Sahertian, P.A., 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM, Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi, 2013. Sekolah Yang Efektif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, U., 1995. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zullig, H.. P., 2011. Relationships among School Climate Domainsa and School Satisfaction. Psychology in the Schools, 48 (2).

Downloads

Published

2018-01-09

How to Cite

Muhibbah, L. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah dan Supervisi Klinis terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Gunungsari Lombok Barat. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(2), 116–120. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p116-120
Abstract views: 655 , PDF Downloads: 410 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0