Pengaruh Job Crafting terhadap Kreativitas melalui Work ENgagement sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v10n2.p566-577Kata Kunci:
Job crafting, Keterlibatan kerja, KreativitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara job crafting dan kreativitas. Ini juga memeriksa apakah keterlibatan kerja memediasi hubungan antara kerajinan kerja dan kreativitas. Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini sampelnya adalah 60 karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Kantor Pusat Surabaya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah partial least squares (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil uji persamaan model menunjukkan bahwa bebrapa indikator job crafting berpengaruh signifikan terhadap kreativitas. Job crafting berpengaruh signifikan terhadap work engagement. Keterikatan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kreativitas. Selain itu, work engagement sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara job crafting dan kreativitas. Implikasi manajerial dari penelitian ini, perusahaan dapat meningkatkan job crafting karyawan sehingga karyawan lebih berpotensi untuk menghasilkan kreativitas dalam bekerja.
Referensi
Bakker, A.B., & Leiter, M. P. (2010). Work Engagement: A Handbook of Essential Teory and Research. New York: Psychology Press.
Bank Jatim. (2021). Laporan Tahunan PT. Bank Pembangunan Daerah jawa Timur Tahun 2021. (https://bankjatim.id/en, diakses pada 26 November 2021)
WIPO. (2021). Global Innovation Index 2021: Tracking Innovation Through the COVID-19 Crisis. World Intellectual Property Organization. (https://www.wipo.int/global_innovation_index/en/2021/, diakses pada 26 November 2021)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

