PENGARUH KEMAMPUAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR (COPING SELF-EFFICACY) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Authors

  • Najlatun Naqiyah Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya
  • Satiningsih Satiningsih Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v1n1.p8-11

Keywords:

Coping self efficacy, Prestasi akademik, Mahasiswa

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian pada 130 mahasiswa semester tiga, fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya. Coping self-efficacy sebagai variabel bebas, dan indeks prestasi akademik dan kemampuan skolastik sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan coping self-efficacy dengan prestasi akademik mahasiswa di FIP UNESA dengan nilai standardized beta = 0,203 pada taraf signifikansi 0,000 yang berarti bahwa coping self efficacy (X) mempengaruhi  prestasi akademik mahasiswa (Y1). Temuan kedua, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan coping self-efficacy terhadap kemampuan skolastik mahasiswa dengan nilai standardized beta = 0,188 pada taraf signifikansi 0,000 yang berarti coping self-efficacy (X) mempengaruhi kemampuan skolastik mahasiswa (Y2).

References

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V.S. Ramachaudran (Ed.), Enclopedia of Human Behavior. (Online). Vol.4, pp.71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman (Ed.), Encyclopedia of Mental Health. Sandiego: Academic Press, 1998. (http://www.emory.edu/education/mfp/self-efficacy.html, diakses 21 Juni 2005. Jam 13.30 Wib).

Berry, J. M. (1987). A Self-efficacy Model of Memory Performance, Paper presented at the meeting of the American Psychological Association, New York.

Lenox. R. A & Subich. L.M. (1994). The Relationship Between Self-Efficacy Beliefsand Inventoried Vocational Interests. The Career Development Quarterly, June, Vol. 42, 303-313.

Pintrich, P. R., & Garcia, T. (1991), Motivational and self-regulated learning components of classroom academic performance. Journal of Educational Psychology, 82, 33-40.

Schwarzer. R. & Jerusalem M. (1993). The General Self-Efficacy Scale (GSE). (online), (http://userpage.fu-berlin.de/health/engscal.htm, diakses tanggal 10 Januari 2006. Jam 10.00 Wib).

Schunck, D.H. (1983). Ability versus effert attributional feedback:differential effect on self-efficacy and achievement. Journal of Educational Psychology. 76, 3, 848-856.

Downloads

Published

2010-08-31

How to Cite

Naqiyah, N., & Satiningsih, S. (2010). PENGARUH KEMAMPUAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR (COPING SELF-EFFICACY) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 1(1), 8–11. https://doi.org/10.26740/jptt.v1n1.p8-11
Abstract views: 368 , PDF Downloads: 325