ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN HYPOTHETICO-DEDUCTIVE REASONING DALAM LEARNING CYCLE 7E

Authors

  • Muhammad Babun Alfin Universitas Trunojoyo Madura
  • Yunin Hidayati Universitas Trunojoyo Madura
  • Wiwin Puspita Hadi Universitas Trunojoyo Madura
  • Irsad Rosidi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v4n2.p75-81

Keywords:

Critical Thinking, Hypothetico-deductive Reasoning, Learning Cycle 7E

Abstract

This study aims to determine the effect of the Hypothetico-Deductive Reasoning method in Learning Cycle 7E on students' critical thinking skills. The design of this study is quasi-experimental with nonequivalent control group design and implemented at SMPN 1 Baureno with a population of all class VII. The sample used was 2 classes, namely class VII A as an experimental class and class VII B as a control class. The critical thinking ability test consist of 7 essay questions. It can be concluded that students' critical thinking skills are in good criteria with an average percentage of 72.61%.

References

Adnyana, G. P. 2012. Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar Hipotetis Deduktif. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 3, pp. 201209.

Amir, M. F. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol. 12, pp 159170.
Hardinita, E.,&Muchlis. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7-e untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Puri Mojokerto.Unesa Journal of Chemical Education,Vol. 4, No. 3, pp 486494.

Herpratiwi. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran(Edisi Pert). Yogyakarta: Media Akademi.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur, M. I., M. S., & Hasnawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 1.

Nuryanti, L., Siti, Z., & Markus, D. 2018. Analisis Kemampan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan.Vol. 3, No. 2, pp. 325-332.

Partini, Budijanto, & S. B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 2.

Patmah, Purwoko, A. A., & Muntari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), Vol. 3, No. 2.

Permana, E. P. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD, Vol. 1, No. 4958.

Suciati, Arnyana,& Setiawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif dengan Setting 7E terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP Program Studi Pendidikan IPA , Program Pascasarjana e-Journal Program Pascasarjana Uni. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4, No. 3.

Sulistyowati, A. W. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyanangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, pp. 38-54.

Sumiyati, Y., Sujana, A., & Djuanda, D. 2016. Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Proses Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah , Vol. 1, No.1, pp 43-44.

Sumiyati, Yeni, Atep Sujana, D. D. 2014. Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Memprevensi. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 3, No. 2, pp 354360.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Media Group.

Downloads

Published

2019-12-02

How to Cite

Alfin, M. B., Hidayati, Y., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN HYPOTHETICO-DEDUCTIVE REASONING DALAM LEARNING CYCLE 7E. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 4(2), 75–81. https://doi.org/10.26740/jppipa.v4n2.p75-81
Abstract views: 1114 , PDF Downloads: 609