MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E: MENGAKTIFKAN SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Authors

  • Dyah Astriani Jurusan IPA, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Nurun Nisaul Istiqomah

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p71-75

Keywords:

Learning cycle, aktivitas siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa terhadap implementasi model Learning Cycle 5E pada materi suhu dan perubahannya di kelas VII SMP Negeri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-6. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengamatan pada aktivitas siswa pada saat pembelajaran.  Metode analisis data aktivitas siswa dengan menggunakan skor rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa yang dominan adalah melakukan diskusi antar siswa sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang berlangsung (23,78%). Aktivitas siswa yang jarang muncul adalah siswa mengamati gambar, video atau demonstrasi yang dilakukan oleh guru (8,53%).

References

Areesophonpichet, Sornnate. 2013. A Development of Analytical Thinking Skills of Graduate Students by using Concept Mapping. The Asian Conference on Education Official Conference Proceedings 2013 Diakses melalui http://iafor. org/archives/offprints/ace2013- offprints/ACE2013_0381. pdf
Astriani, D. 2006. Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi Dengan Setting Metode Inkuiri Dalam Setting Pembelajaran Kooperatif di Madrasah Aliyah Negeri Surabay. Tesis Magister, Universitas Negeri Surabaya.
Bybee, Rodger W. 2009. The BSCS 5E Instructional Model and 21st Century Skills, (Online), (http:// itsisu. concord. org/share/ Bybee_21st_Century_Paper.pdf, diakses 10 Desember 2014).
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar& Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Fajaroh, F dan Dasna, I. W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurusan Kimia FMIPA UM, (Online), (http://lubisgrafura. wordpress. com/2007/09/20/pembelajaran-dengan-model-siklus-belajar-learning-cycle/, diakses 10 Desember 2104).
Handayani, R.D., Prianto, A., Prihandono, T. 2013. Penerapan Model Learning Cycle 5E dengan Authentic Assessment untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII B SMPN 2 Jangkar Situbondo Tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika 2(3): hal 336 340.
Hanuschin, D. L., & Michele H. L. 2008. Using the Learning Cycle as a Model for Teaching the Learning Cycle to Preservice Elementary Teachers. Journal of Elementary Science Education 20(2): 51-66.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Nur, M dan Wikandari, P.R. 2011. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran: Edisi 5. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS).
Oktaria, D., Sikumbang, D., Achmad, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep. Jurnal Bioterdidik 2(10): Diakses melalui http://download. portalgaruda. org/article. php?article=288505&val=7233&title=PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20LEARNING%20CYCLE%205E%20TERHADAP%20AKTIVITAS%20BELAJAR%20DAN%20PENGUASAAN%20KONSEP
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Toharudin, U dan Hendrawati, S. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wulandari, B., Kartijono, N.E., HB.F. Putut M. 2013. Penerapan Pembelajaran Model Siklus Belajar Pada Materi Jamur di SMA. Unnes Journal of Biology Education 2(3): 313-320

Downloads

Published

2017-11-03

How to Cite

Astriani, D., & Istiqomah, N. N. (2017). MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E: MENGAKTIFKAN SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(2), 71–75. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p71-75
Abstract views: 3381 , PDF Downloads: 1526