PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SAINS SEKOLAH PRODI S-1 PENDIDIKAN IPA UNESA SURABAYA

Authors

  • Beni Setiawan Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p37-42

Abstract

Abstrak

Kualifikasi SDM pada kerangka KKNI menyebutkan bahwa mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Sains harus menguasai konsep teoritis yang mendalam pada bidang ilmu IPA dan pendidikan IPA serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa melalui kegiatan pembuatan peta konsep dalam menganalisis materi serta menganalisis kegiatan. Desain penelitian ini adalah pra eksperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Hasil yang diperoleh sejauh  ini adalah  1)  hasil  belajar siswa terbagi menjadi: A. kegiatan analisis materi pada  KD  yang  terpilih dengan  materi  tiap  KD  sebagai berikut: a) pengukuran dengan nilai 77,1; sifat bahan dengan nilai 81,3; pemanasan global dengan nilai 72,9; listrik statis dengan nilai 81,3; atom ion  molekul  dengan  nilai 70,8;  fluida  dengan  nilai  91,7;  Interaksi  Makhluk  hidup   dan lingkungannya dengan nilai 75,0; Pewarisan sifat dengan nilai 85,4; Zat aditif, adiktif, dan psikotropika dengan nilai 75,0; Bioteknologi dengan nilai  81,3;  Tanah  dengan  nilai  70,8; Sistem  ekskresi dengan  nilai  91,7;  Sistem  jaringan  tumbuhan  dengan  nilai  75,7; Sistem  reproduksi  dengan  nilai   77,8;   Sistem gerak  manusia dengan  nilai  73,4;  Perkembangan  penduduk  dengan  nilai  75,2; B.  rata-rata hasil kegiatan analisis kegiatan  praktikum  didapat sebagai berikut: a) membuat peta konsep sebesar 8,2; b) hasil belajar mahasiswa materi IPA diperoleh dengan membandingkan hasil pretest dan  postest mahasiswa dengan menggunakan N-Gain ternormalisasi dan  didapat  rata-rata  sebesar  0,34,  skor  tersebut mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, tetapi tidak terlalu signifikan.


Kata Kunci: peta konsep, analisis materi, analisis kegiatan praktikum, sains sekolah

Downloads

Published

2017-02-13

How to Cite

Setiawan, B., Astriani, D., & Budiyanto, M. (2017). PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SAINS SEKOLAH PRODI S-1 PENDIDIKAN IPA UNESA SURABAYA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(1), 37–42. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p37-42
Abstract views: 1215 , PDF Downloads: 853

Most read articles by the same author(s)