EFEKTIVITAS MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Nur Intan Fitriani Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Beni Setiawan Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76

Keywords:

modul IPA berbasis etnosains, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan modul IPA berbasis etnosains di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini menggunkaan metode eksperimen dengan desain penelitian Praeksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretes posttest yang merupakan bagian dari penelitian dan pengembangan Research and Development / R&D) level 4. Penelitian ini diujicobakan terbatas kepada 15 siswa kelas VII-H SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain berupa lembar tes keterampilan berpikir kritis, dan lembar angket respons siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara metode tes, dan metode angket. Hasil dari penelitian menggunakan modul IPA berbasis etnosains didapatkan bahwa dengan menggunakan perhitungan N-Gain diperoleh hasil 0,62 yang termasuk kedalam kategori sedang dengan dan hasil angket respons siswa sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modul IPA berbasis etnosains secara efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: modul IPA berbasis etnosains, keterampilan berpikir kritis.

References

Arfianawati, S., Sudarmin, dan Sumarni, W. 2016. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Online). Vol. 21 No. 1, (http://fpmipa.upi.edu/journal/v1/index.php/jpmipa/article/ view/669, diakses 5 Januari 2017).

Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Score, (Online), (http://list.asu.edu, diakses pada 24 Januari 2017).
Hendikwati, Putriaji. 2011. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (Online), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/1243/1291, diakses 4 Januari 2017).

Innatesari, Dian Kurva., Beni Setiawan, Tarzan Purnomo. 2016. Kelayakan Modul IPA Berbasis Local Wisdom dengan Tema Erupsi Gunung Kelud. Jurnal Pendidikan Sains (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/article/20425/37/ article.pdf, diakses 25 Januari 2017).

Kemdikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan, (Online), (http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indinesia-mengalami-peningkatan, diakses 03 Januari 2017).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs IPA.

Kurniawati. 2008. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika (Online) (http://eprints.ums.ac.id/2095/, diakses pada 18 Juli 2017)

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudaaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Pratiwi, HE., Hadi Suwono, Nursasi Handayani. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Biologi, (Online) (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel5C078664CE7FDAFB63596CA5E40E83D1.pdf, diakses 28 Februari 2017)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitratif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.

Yanti, F.A., Sukarmin, Suparmi. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA/MA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan IPA. (Online),Vol. 4 No. 3, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/7820, diakses 5 Januari 2017).

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). EFEKTIVITAS MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 2(2), 71–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76
Abstract views: 6049 , PDF Downloads: 4253