Peningkatan Aktivitas Belajar Pada Matakuliah Ekonomi Pembangunan Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Main Article Content

Shanti Nugroho Sulistyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi pada matakuliah ekonomi pembangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam satu siklus. Hasil penelitian diperoleh ada peningkatan aktivitas belajar mahasiswa pada matakuliah ekonomi pembangunan dengan model pembelajaran berbasis proyek, hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan kelas. Hasil refleksi menunjukkan aktivitas belajar mahasiswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah 62 persen dengan kategori cukup, sedangkan setelah pelaksanaan tindakan aktivitas belajar mahasiswa menjadi meningkat, yaitu 80 persen dengan kategori baik. Aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 18 persen.


Article Details

How to Cite
Sulistyowati, S. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Pada Matakuliah Ekonomi Pembangunan Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p71-76
Section
Articles

References

Aditya, Tri Yuni. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jombang: Skripsi STKIP PGRI Jombang

Aqib, Zainal dkk. 2016. Kumpulan metode pembelajaran kreatif dan inovatif. Bandung: Satunusa

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, Desi. 2015 Pembelajaran Berbasis Projek Pada Perkuliahan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar. Prosiding SNEMA 2015. (Online) http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan 10.%20Desi%20Handayani%20%28hal%20 214-220%29_0.pdf, diakses tanggal 15 Agustus 2018

Hutasuhut, Saidun. (2010). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based Learning) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mata kuliah pengantar ekonomi pembangunan Pada jurusan manajemen fe unimed. Pekbis Jurnal, Vol.2, No.1, Maret 2010: 196-207. (Online) https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/view/383

Mc. Taggart, R. 1993. Action Research: A Short Modern History. Australia: Deakin University

Hutasuhut, Saidun. (2010). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based Learning ) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mata kuliah pengantar ekonomi pembangunan Pada jurusan manajemen fe unimed. Pekbis Jurnal, Vol.2, No.1, Maret 2010: 196-207. (Online) https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/view/383,

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.