Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

Main Article Content

ardina wulan

Abstract

Penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat menjadi guru. Penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini total keseluruhan 81 mahasiswa dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah di uji asumsi klasik. Dilihat secara parsial, hasil uji regresi linier berganda untuk variabel lingkungan keluarga memberikan pengaruh sebesar 0,616 atau sebesar 52,55% dan untuk variabel motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 0,556 atau sebesar 47,45%. Dan secara simultan, nilai R Square sebesar 0,524   atau sebesar 52,4%, sisanya 48,6% dipengaruhi variabel lain diluar variabel penelitian ini.

 

Article Details

How to Cite
wulan, ardina. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p23-30
Section
Articles

References

Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogya: Tiara Wacana.
Dalyono,M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoyo, T. & Mulyani M. S. (1992). Minat Mahasiswa IKIP Terhadap Profesi Guru Ditinjau dari Jenis sKelamin, Daerah Asal, Profesi Orng Tua Dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar. Yogyakarta: BPPS-UGM 5 (2A), Mei 1992.
Hasbullah. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (edisirevisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hurlock, E. (2010). Perkembangan Anak. Terj Meitasari Tjansrasa. Jakarta: Erlangga
Muhibbin, S. (1995). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sairoh, (2016). Pengaruh Pengalaman PPL, IPK, Lingkungan Keluarga, dan Informasi dunia kerja terhadap Minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 FE. Yogyakarta
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. (2010). Belajar Dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Uno, H. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi.