DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo

Febrita Ardianingsih, Siti Mahmudah, Edy Rianto

Abstract


Abstrak

Guru adalah pelaksana langsung dari kurikulum di suatu kelas. Pencapaian implementasi kurikulum yang baik sangat bergantung pada faktor kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang “Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada Sekolah Luar Biasa di Sidoarjo”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan secara triangulasi. Teknik analisis data bersifat induktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada Sekolah Luar Biasa di Sidoarjo dilaksanakan secara bertahap, dimulai sejak tahun ajaran 2015/2016 pada kelas 1 dan 4 dan pada tahun ajaran 2016/2017 ditambah kelas 2 dan kelas 5. Implementasi pembelajaran di kelas menggunakan perpaduan antara Kurikulum 2013 Pendidikan khusus dan Kurikulum KTSP; (2) Sebagian guru Sekolah Luar Biasa di Sidoarjo sudah menjalankan perannya sesuai kurikulum 2013 Pendidikan Khusus dengan beberapa adaptasi dari kurikulum KTSP, mulai perencanaan pembelajaran seperti program tahunan, program semester, rincian minggu efektif, silabus, dan Rencana Pembelajaran (RPP), melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan evaluasi yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan (3) Kendala yang dihadapi dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada Sekolah Luar Biasa di Sidoarjo, antara lain: kurang lengkapnya ketersedian buku guru dan buku siswa, prasarana juga masih banyak yang perlu dibenahi, kurang lengkapnya alat peraga pendidikan, kurangnya pemahaman guru tentang penyusunan perangkat pembelajaran berdasarkan  kurikulum 2013.

 

Abstract

Teacher is an implementator of Curriculum in a class. Good achievement of curriculum’s implementation depends on the teacher’s capability. Therefore, this research performed “The Role of Special Teachers in Implementation of Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus at Special School in Sidoarjo”. The research was qualitative descriptive study. The Techniques of collecting data were observation, interview and documentation. The data validity use triangulation. Data analysis was inductive. Results are: (1) Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus at special school in Sidoarjo is implemented gradually, starting from the academic year of 2015/2016 on Grades 1 and 4 and at academic year 2016/2017 was added Grades 2 and 5. Implementation of the curriculum in the classroom at special school is an assimilation between Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus and Kurikulum KTSP; (2) Some special teachers in Sidoarjo are already running their role corresponding to Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus with some adaptations from Kurikulum KTSP, including Planning Learning as Annual Program, Semester Program, effective weeks list, syllabus, and Lesson Plan (RPP), implementing learning with scientific approach, and Evaluation which covers Attitude, knowledge, and skills aspects; And (3) The obstacle in implementation of Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus at Special School in Sidoarjo, including: the lack of Teacher's books and student’s books, infrastructure, learning tools, and teacher’s understanding on learning tools based on Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus.

Keywords: The Role of Special Teachers, Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus, Special School


Keywords


Peran guru; Kurikulum 2013; Pendidikan Khusus; Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2016. Kodipter sebagai Model Pendampingan Kurtilas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas SMPLB pada SLB Binaan di Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi. Vol. 25. No.1. Hal. 6-12.

Alawiyah, F. 2013. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Ekspresi. Vol.4. No.1. Hal. 65-74.

Albantani, A.M. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol. 2. No. 2. Hal. 178-191.

Ardhana. 2008. Penelitian Deskriptif, (Online), http:/ardhana12.wordpress.com (diakses 11 Februari 2016).

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/ MI, SMP/ MTS, & SMA/ MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Kristiantari, R. 2014. Analisis Kesiapn Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2. Hal. 460-470

Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution, S. 2003. Asas- asas kurikulum. Jakarta: Bumi aksara.

Ningrum, E.S. dan Sobri, A.Y. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan. Vol. 24. No. 5. Hal. 416-423

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Rohman, Muhammad dan Amri, Sofan. 2012. Manajemen Pendidikan Analisis dan solusi terhadap kinerja manajemen kelas dan strategi pengajaran yang efektif, Jakarta: Prestasi pustakarya.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana prenada Media group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suyadi dan Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1 tantang pengertian pendidikan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3 tentang tujuan pendidikan nasional.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tentang pengertian kurikulum.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen tentang pengertian guru

Uno, Hamzah. B. Profesi Kependidikan. 2007. Jakarta. Bumi Aksara



Article Metrics
Abstract view: 310 times
PDF: 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.