Pengembangan Bahan Ajar Cetak dengan Model Discovery Learning untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X

Authors

  • Ria Devita Meidy Universitas Negeri Malang
  • Syaad Patmanthara
  • M. Zainal Arifin

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p126-133

Keywords:

Bahan Ajar Cetak, Discovery Learning, Komputer dan Jaringan Dasar

Abstract

Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan melakukan sedikit modifikasi. Seluruh proses pengembangan terbagi dalam 10 langkah yakni : (1) masalah dan potensi, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan produk, (4) validasi ahli materi dan ahli media, (5) revisi produk, (6) uji kelompok kecil, (7) revisi produk, (8) Uji coba kelompok besar, (9) revisi produk, (10) produksi Produk.

Hasil penelitian dan pengembangan Buku Ajar Cetak Komputer dan Jaringan Dasar dengan model Discovery Learning yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli yaitu: (1) ahli materi diperoleh 94,1%, (2) ahli media diperoleh 93,54%, (3) uji coba kelompok kecil diperoleh 80,4%, (4) uji coba kelompok besar diperoleh 91,96%, dan rata-rata keseluruhan diperoleh 90,79%.  Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat dikatakan bahwa Bahan Ajar Cetak Komputer dan Jaringan Dasar Layak digunakan pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, khususnya pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X program keahlian TKJ.

Abstract

The development method used in this research and development steps adapted from research and development (RnD) that doing a little modification. The entire development process is divided into 10 steps: (1) problems and potential, (2) data collection, (3) product development, (4) expert validation material and media expert, product revision (5), (6) small group testing, product revision (7), (8) trial, a large group (9) revision of the product, (10) the production of the product.

The results of the research and development of the print Textbook of the teaching computer and Basic Network Discovery Learning with a model that has been developed and validated by some experts, namely: (1) expert material retrieved 94.1%, (2) media experts gained 93.54%, (3) test group 80.4%, obtained a small (4) large groups of trials retrieved 91.96%, and overall average gained 90.79%. Based on the results of the validation can be said that the Printed of learning materials of the computer and basic network is feasibility to be used in the learning process in SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, particularly on the subjects of computer and Basic network class X  programs vocational skills on Computer Engineering and Networks (TKJ).

 

References

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2008). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Depdiknas, U.-U. R. I. N., & No, R. I. (2003). Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Jonathan, S. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Graha Ilmu.

Oemar, H. (1993). Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Trigondo Karya.

Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono, D. R. P. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Revisi. Alfabeta.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Usman, U., & Profesional, M. G. (2009). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Meidy, R. D., Patmanthara, S., & Arifin, M. Z. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak dengan Model Discovery Learning untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(2), 126–133. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p126-133
Abstract views: 1261 , PDF Downloads: 1422 , PDF Downloads: 0