PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA

Authors

  • mirrah megha Singamurti Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah
  • Nadia Dian Anggraini STAB N Raden Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p31-37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perilaku bullying terhadap prestasi mahasiswa di PGSD Buddha STAB N Raden Wijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan alat ukur yang digunakan dari masing-masing variabel adalah kuesioner, yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Dengan jumlah Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 26 mahasiswa PGSD semester 1 sampai 5 dengan teknik pengambilan purposive sampling Pengumpulan data menggunakan skala likert dengan dua jenis skala, yaitu skala perilaku bullying dan skala prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 25. Dengan uji korelasi tersebut juga menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara kedua variabel penelitian. Angka probabilitas (signifikan) yang diperoleh sebesar p= 0.03, dimana p<0.05 (0.03<0.05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara perilaku bullying dan prestasi belajar ditolak. Dikarenakan nilai R = 0.1954 menunjukkan bahwa adanya pengaruh bullying dan prestasi belajar hanya sebesar 0.1954. Berarti semakin tinggi bullying tidak mempengaruhi tingginya motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa.

 

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Singamurti, mirrah megha, & Anggraini, N. D. (2022). PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI MAHASISWA . JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p31-37
Abstract views: 929 , PDF Downloads: 2475