PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS OBE

Penulis

  • Akhmad Hafizh Ainur Rasyid Universitas Negeri Surabaya
  • Bellina Yunitasari Universitas Negeri Suarabaya
  • I Wayan Susila Universitas Negeri Suarabaya
  • Dewanto Dewanto Universitas Negeri Suarabaya
  • Yunus Yunus Universitas Negeri Suarabaya
  • Dany Iman Santoso Universitas Negeri Suarabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p8-17

Abstrak

Kurikulum yang diterapkan program studi S1 Teknik Mesin Unesa adalah kurikulum merdeka belajar dengan berfokus pada luaran atau Outcome Based Education (OBE). Karena berdasar luaran, maka luaran berupa pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skill) harus dapat diukur (concretely measurable). Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang baik diperlukan model evaluasi yang sesuai. Tujuan pada penelitian ini yaitu menemukan model evaluasi pembelajaran dengan basis OBE yang sesuai untuk diterapkan pada program studi S1 Teknik Mesin Unesa. Jenis dari penelitian yaitu kualitatif yang menggunakan metode FGD atau Focus Group Discussion sebagai metode pengumpulan datanya. Luaran dari hasil penelitian ini adalah metode evaluasi pembelajaran berbasis OBE. Capaian pembelajaran lulusan atau program learning otcome (PLO) Program Studi S1 Teknik Mesin Unesa dibuat mengikuti standar yang telah ditentukan oleh Badan Kerjasama Teknik Mesin (BKSTM), lembaga akreditasi, dan dapat memenuhi tujuan program studi (PEO). PLO program studi S1 Teknik Mesin Unesa berjumlah 10 poin yang mencakup kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Model evaluasi pembelajaran mengukur ketercapaian PLO oleh matakuliah dengan pembagian kriteria excellent, very good, good, very satisfy, satisfy, fair, poor, very poor, fail.

Kata kunci: Outcome Based Education, evaluasi, pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-20

Cara Mengutip

Rasyid, A. H. A. ., Yunitasari, B. ., Susila, I. W., Dewanto, D., Yunus, Y., & Santoso, D. I. . (2022). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS OBE. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(1), 8–17. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p8-17
Abstract views: 841 , PDF Downloads: 725