STRATEGI PEMBELAJARAN LAGU GAMOLAN SAKTI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS LAMPUNG Strategi Pembelajaran lagu Gamolan Sakti di Program studi Pendidikan Universitas Lampung

Main Article Content

Riki Dinata rahmat
Heri Murbiyantoro

Abstract

Lampung (aksara  Lampung:  ) adalah suatu provinsi yang paling selatan dari pulau Sumatra, Indonesia, dengan ibu kotanya yaitu kota Bandar Lampung.    Dan    memiliki     dua kota yaitu     kota Bandar     Lampung dan kota Metro serta 13 kabupaten. Lampung sendiri memiliki banyak sekali kebudayaan dan salah satunya adalah alat musik yaitu Gamolan. Gamolan merupakan alat musik tradisional lampung, alat musik tersebut dibuat dengan bamboo, yang dimainkan dengan cara dipukul sehingga menghasilkan nada. Kata gamolan sendiri berasal dari kata begamol yang artinya “berkumpul”. Alat musik gamolan dahulunya merupakan sarana untuk mengumpulkan masyarakat dan menjadi alat komunikasi. keberadaan musik gamolan ini tidak lepas dari metode pembelajaran sehingga pembelajaran musik gamolan menjadi menarik.Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana strategi pembelajaran lagu gamolan sakti pada mahasiswa Universitas Lampung. Lagu gamolan sakti adalah lagu yang dibuat oleh Hasyimkan dan diajarkan sebagai pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Musik Universitas Lampung. Dalam lagu Gamolan Sakti tersebut, Hasyimkan membuat perpaduan antara musik barat dan musik tradisi dalam bentuk ansemble campuran, hal tersebut dilakukan Hasyimkan agar membuat generasi muda sekarang berminat kepada alat musik gamolan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi.  Analisis  data dilakukan untuk sistematis dengan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan  kesimpulan.  Hasil  pembahasan  menyatakan  bahwa  langkah- langkah  strategi    pembelajaran    lagu    gamolan    sakti     menggunakan  strategi pembelajaran cooperative dengan meliputi persiapan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penyampaian  materi  pembelajaran. Strategi tersebut telah membuat siswa lebih efektif. Dalam proses pembelajaran lagu gamolan sakti ini dapat dilihat dari aspek-aspek penilian meliputi (kehadiran ,kedisiplinan, keaktifan) serta aspek keterampilan saat memainkan lagu gamolan sakti. Berdasarkan evaluasi tersebut, pembelajaran lagu gamolan sakti di Universitas Lampung  dikatakan berhasil, dengan dibuktikan dengan melihat hasil pembelajaran pada lembar evaluasi pada akhir semester dan juga dalam bentuk video pembelajaran lagu gamolan sakti ini.


 


Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Lagu Gamolan Sakti,Universitas Lampung


 

Article Details

How to Cite
rahmat, R. D., & Murbiyantoro, H. . (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN LAGU GAMOLAN SAKTI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MUSIK UNIVERSITAS LAMPUNG: Strategi Pembelajaran lagu Gamolan Sakti di Program studi Pendidikan Universitas Lampung. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(1), 95–109. https://doi.org/10.26740/geter.v5n1.p95-109
Section
Articles
Author Biography

Heri Murbiyantoro, Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

Lecture