Pelatihan Intensif Pembuatan Alat Permainan Edukatif Pada Guru PAUD

Authors

  • Andi Kristanto Teknologi Pendidikan - Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Hirnanda Dimas Pradana Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0003-2277-7032

Keywords:

peningkatan, alat permainan edukatif, pelatihan

Abstract

Kegiatan pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk  membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dalam hal membuat alat permainan edukatif.  Pendampingan pada pelatihan ini dilakukan secara intensif, dimana peserta akan menghasilkan alat permainan edukatif. Partisipan yang mengikuti pendampingan, yaitu guru Taman Kanak-Kanak se Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Peserta diberikan penjelasan tentang konsep Pendidikan Anak Usia Dini dan pernacangan alat permainan edukatif. Kemudian, peserta melakukan pembimbingan sehingga menghasilkan alat permainan edukatif yang tepat.

References

AH, N. M. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2).

Ambarita, J., Yuniati, E., & Purnamasari, I. (2021). Problematika Orang Tua dalam Menjalankan Perannya sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1358

Amini, & Ginting, N. (2020). Amini, “Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah).” Al-Muaddib; Jurnal Ilmu-IImu Sosial Dan Keislaman, 5(2).

Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785

Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Fajri, Z., Yasin, M., Masykur, M., & Adi Putra, M. W. (2021). PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3). https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2756

Halida, -. (2015). Meninjau Kompetensi Guru PAUD Lulusan Sarjana PG-PAUD di Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3037

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Harismi, A. (2020). Memahami Pengertian Anak Usia Dini dan Karakteristiknya. Www.Sehatq.Com.

Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). KAJIAN BIBLIKA MENGENAI PENDIDIKAN ANAK DAN HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12

Kusumodestoni, R. H., Zyen, A. K., & MA, Z. A. (2015). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tentang Alat Peraga Edukatif Menggunakan Adobe Flash. Jurnal DISPROTEK, 6(2).

Mustika, N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889

Nadia, H., Hermina, C., & Hamidah, J. (2021). Pemberdayaan Guru PAUD TK ABA Banjarmasin Melalui Keterampilan Big Book Story. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.5264

Nurrohman, A. (2021). Analisis edugame berbasis android sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1).

Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2).

Rolina, N. (2009). Global Learning: Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. Liberal Education, March.

Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Suyanti, S. (2019). PERAN GURU SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. FOUNDASIA, 10(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27924

Tanu, I. K. (2019). PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DI PAUD DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(2). https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733

Wahyuningrum, T., Prameswari, V. E., & Yulianti, I. (2020). Motivasi Orang Tua Sebagai Determinan Pemberian Stimulasi Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Health Science and Prevention, 4(2). https://doi.org/10.29080/jhsp.v4i2.272

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Kristanto, A., Dewi, U., & Pradana, H. D. (2022). Pelatihan Intensif Pembuatan Alat Permainan Edukatif Pada Guru PAUD. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(01), 69–77. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/19385

Issue

Section

Articles
Abstract views: 120 , PDF Downloads: 146