PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU DI SIS SINGAPURA MELALUI PLATFORM DIGITAL.

Authors

  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih
  • Amrozi Khamidi
  • Windasari

Abstract

Model pembelajaran di Singapura sering menjadi pertanyaan besar, mengapa sistem pendidikan di Negara tersebut terbilang berhasil. Negara kecil ini justru menjadi salah satu negara maju yang berperan dalam perkembangan ekonomi industri modern. Di era revolusi, sistem pendidikan Singapura menjadi bagian yang mencuri perhatian dunia, karena dianggap punya model pembelajaran terbaik secara global.. Akan tetapi berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan secara daring pada 24 Januari 2024  antara tim pengabdian dengan pihak SIS diketahui bahwa adanya perkembangan teknologi saat ini sangat rentan membawa pengaruh negatif terhadap peserta didik serta cyber bullying. Oleh karena itu diperlukan pelatihan literasi digital untuk memperkuat kompetensi digital guru di sis di era industri 4.0. sehingga cerdas dalam literasi digital, cermat, serta bijak dalam memanfaatkan digital tools sejalan dengan yang tertera dalam Dalam Unesco ICT competency Framework for Teachers ini bahwa ada 3 Kompetensi yang wajib diterapkan di abad 21 yakni  informasi, media dan teknologi. Dalam hal ini, tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Surabaya (UNESA) akan memberikan kontribusi nyata melalui PKM yang dalam pelaksanaan nya akan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan pendampingan dan evaluasi hasil pendampingan. Pelatihan  ini bertujuan memberikan meningkatkan kemampuan  literasi digital guru di SIS di era industri 4.0.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Amalia, K., Roesminingsih, E. ., Khamidi, A., & Windasari. (2024). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU DI SIS SINGAPURA MELALUI PLATFORM DIGITAL. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 3(1), 29–42. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/31945

Issue

Section

Articles
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 45