Pelatihan Membuat dan Mengelola Website Madrasah se-KKMA dan KKMTs Sangkapura

Authors

Keywords:

Pelatihan, Website, Operator Madrasah

Abstract

Di Pulau Bawean saat ini utamanya di Kecamatan Sangkapura secara umum dan merata telah tersedia jaringan internet sehingga sangat memungkinkan semua madrasah/sekolah dapat memanfaatkannya untuk membangun website madrasah/sekolah sebagai media informasi sekaligus promosi. Namun pemanfaatan jaringan Internet ini masih belum maksimal, terbukti dari 30 lembaga tingkat MTs dan MA se-Kecamatan Sangkapura baru ada 2 lembaga yang telah memiliki website aktif. Oleh karena itu maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dalam bentuk pelatihan membuat website madrasah dan mengelolanya dengan baik bagi Operator Madrasah se KKMA dan KKMTs Sangkapura. Adapun metode yang digunakan dalam PkM ini adalah ceramah, focus group discussion, demontrasi, praktik dan evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan pelatihan ini semua peserta dapat membuat website madrasah dengan platform blogger namun masih membutuhkan pelatihan lanjutan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam pengelolaan website madrasah/sekolah.

References

Ansar, N. R., Ratmawati, T., & Wahed, A. (2019). Implementasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online di SMK Negeri 6 Makassar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 65–72.

APJII. (2022). Hasil Survei Profil Internet Indonesia 2022.

Imron, H. A., Sukandar, A., & Hanafiyah, N. (2022). Pembinaan Kepala Sekolah Terhadap Guru Melalui Emis dalam Pengembangan Pendidikan Keagamaan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 296–313.

Julianto, V., Suprianto, A., Prastyaningsih, Y., & Yuliyanti, W. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Untuk Operator Sekolah Se-Kecamatan Batu Ampar. Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 62–67.

Mariati, P., Rulyansah, A., & Hartatik, S. (2022). Training and Mentoring on the Use of Information and Communication Technology (ICT) in Supporting the Implementation of Learning at UPT SD Negeri 342 Gresik. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 439–446.

Riandari, F., Marpaung, J. F., & Tarigan, R. Z. (2020). PKM: Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website SMK TI Raksana Medan: Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website SMK TI Raksana Medan. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 22–25.

Shobri, M., & Jaosantia, J. (2021). Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Islam. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management, 746–761.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Shobri, M., & M, A. (2022). Pelatihan Membuat dan Mengelola Website Madrasah se-KKMA dan KKMTs Sangkapura. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(01), 28–37. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/19383

Issue

Section

Articles
Abstract views: 201 , PDF Downloads: 169