MODEL GROW DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK SEKOLAH DASAR BAWEAN GRESIK
Keywords:
model grow, kompetensi, pengembangan profesiAbstract
Karya ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pemahaman dan keterampilan bagi guru dan kepala sekolah pada jenjang sekolah dasar di Kepulauan Bawean Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Hal ini berangkat dari fenomena berdasarkan hasil studi pendahuluan bahwa permasalahan tentang pendidik jenjeng sekolah dasar di Kepulauan Bawean belum adanya pemahaman terkait perubahan model kompetensi guru dan kepala sekolah yang terbaru sesuai dengan perdirjen GTK nomor 6565 tahun 2020. Metode yang digunakan dalam PkM ini dengan menggunakan pendekataan coaching dengan model GROW. Peserta pelatihan (guru dan kepala sekolah) didampingi oleh coach atau pembimbing yang ahli dalam bidang materi yang disampaikan tentang model kompetensi dalam pengembangan profesi guru. Penguatan materi pelatihan yang terdiri dari: (1) pengetahuan profesional; (2) praktik pembelajaran profesional; (3) pengembangan profesi. Hasil pelatihan ini dijadikan sebagai wadah dalam meningkatkan pengetahuan dan kompentensi profesi guru. Berdasarkan lembar kerja tugas peserta yang telah diisi dan dipresentasikan terlihat bahwa secara rata-rata pada implementasi dilapangan kompetensi guru pada level cakap. Pada aspek pengetahuan profesional, guru sudah mampu menyusun konsep serta menetapkan tujuan pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran berdiferensiasi. Pada praktik pembelajaran profesional, di lapangan guru sudah mampu merancang berbagai asesmen yang digunakan sebagai bahan untuk perbaikan pada proses pembelajaran. Sebagian besar guru di SD Bawean juga sudah menguasai kompetensi pengembangan profesi, dimana hal tersebut muncul dari kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan serta adanya kegiatan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk peningkatan kualitas pembelajaran dikelas.
References
Ardiansyah, A. (2013). Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Empirik Sma Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).
Rahman, A. (2010). Kepala Sekolah Sebagai Inovator dalam Pendidikan (Dalam Rangka Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah). -.
RI, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).