MODEL GROW DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK SEKOLAH DASAR BAWEAN GRESIK

Authors

  • Syunu Trihantoyo ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ - Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Windasari Universitas Negeri Surabaya
  • Sururi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Zulaikha Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

model grow, kompetensi, pengembangan profesi

Abstract

Karya ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pemahaman dan keterampilan bagi guru dan kepala sekolah pada jenjang sekolah dasar di Kepulauan Bawean Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Hal ini berangkat dari fenomena berdasarkan hasil studi pendahuluan bahwa permasalahan tentang pendidik jenjeng sekolah dasar di Kepulauan Bawean belum adanya pemahaman terkait perubahan model kompetensi guru dan kepala sekolah yang terbaru sesuai dengan perdirjen GTK nomor 6565 tahun 2020. Metode yang digunakan dalam PkM ini dengan menggunakan pendekataan coaching dengan model GROW. Peserta pelatihan (guru dan kepala sekolah) didampingi oleh coach atau pembimbing yang ahli dalam bidang materi yang disampaikan tentang model kompetensi dalam pengembangan profesi guru. Penguatan materi pelatihan yang terdiri dari: (1) pengetahuan profesional; (2) praktik pembelajaran profesional; (3) pengembangan profesi. Hasil pelatihan ini dijadikan sebagai wadah dalam meningkatkan pengetahuan dan kompentensi profesi guru. Berdasarkan lembar kerja tugas peserta yang telah diisi dan dipresentasikan terlihat bahwa secara rata-rata pada implementasi dilapangan kompetensi guru pada level cakap. Pada aspek pengetahuan profesional, guru sudah mampu menyusun konsep serta menetapkan tujuan pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran berdiferensiasi. Pada praktik pembelajaran profesional, di lapangan guru sudah mampu merancang berbagai asesmen yang digunakan sebagai bahan untuk perbaikan pada proses pembelajaran. Sebagian besar guru di SD Bawean juga sudah menguasai kompetensi pengembangan profesi, dimana hal tersebut muncul dari kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan serta adanya kegiatan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk peningkatan kualitas pembelajaran dikelas.

Author Biography

Syunu Trihantoyo, ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ - Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

References

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada era new normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.

Ardiansyah, A. (2013). Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru (Studi Empirik Sma Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Buulolo, S., Kual, N., Sina, R. M., & Siburian, H. H. (2020). Pembelajaran Daring: Tantangan Pembentukan Karakter dan Spiritual Peserta Didik. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 129–143.

Hazin, M., & Devi Rahmawati, N. W. . (2023). Implementation of Policy “Praktisi Mengajar” in Higher Education. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(1), 1-13. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i1.1001

Istijanto, I. (2020). Dari Luring ke Daring, Sementara atau Selamanya? Forum Manajemen, 34(2), 14–18.

Jaya, P. J. C., & Guntoro, M. (2020). Transformasi Kepemimpinan Adaptif Di Tengah Pandemi Covid-19. CENDEKIA Jaya, 2(2), 1–7.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., … Purba, B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Nasucha, J. A. (2021). Difusi dan Desiminasi Inovasi Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1–10.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).

Rahman, A. (2010). Kepala Sekolah Sebagai Inovator dalam Pendidikan (Dalam Rangka Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah). -.

RI, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Trihantoyo, S., Windasari, Sururi, & Zulaikha, S. . (2023). MODEL GROW DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK SEKOLAH DASAR BAWEAN GRESIK. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(02), 37–47. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/26207
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 34