PENGEMBANGAN MODERASI BERAGAMA DAN BELA NEGARA UNTUK MENGUATKAN PATRIOTISME SANTRI DI PESANTREN MAHASISWA AL-HIKAM MALANG
Keywords:
Moderasi Beragama, , Bela Negara, Pesantren, Participatory Action Research (PAR), PatriotismeAbstract
Moderasi beragama dan bela negara merupakan nilai penting yang harus ditanamkan pada generasi muda, khususnya di pesantren, untuk menghadapi tantangan globalisasi, radikalisme, dan digitalisasi. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai tersebut di kalangan santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan ini melibatkan 40 santri. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan santri, dengan rata-rata skor post-test meningkat 30% dibanding pre-test, serta keberhasilan dalam memproduksi konten kreatif yang mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama dan bela negara. Rekomendasi utama dari kegiatan ini adalah perlunya pendampingan berkelanjutan untuk memastikan implementasi nilai-nilai yang diajarkan serta pengintegrasian materi ke dalam program rutin pesantren sebagai upaya memperkuat patriotisme dan harmoni sosial
References
Abdillaհ, H. (2021). Implementasi program pengabdian pesantren dalam meningkatkan kemandirian mahasantri ma’had aly. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(9), 1544-1562. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i9.279
Asri, Y. (2023). Pembentukan pos kesehatan pesantren (poskestren) di pondok pesantren darul mukhlisin kota malang. Dedikasi Saintek Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 162-170. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i2.188
Fathurrijal, F. (2023). Penguatan literasi fikih informasi bagi pengurus organisasi santri di pondok pesantren boarding school muallimin muhammadiyah lombok barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 725-733. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.250
Fauzi, U., Masruroh, I., Ikhrom, W., & Adinugraha, H. (2022). Pendampingan santri pondok pesantren nurul yaqin petarukan pemalang dalam mengelola keuangan santri yang efektif dan efisien. Darma Diksani Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 31-36. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1394
Hafid, F., Nasrul, N., Zainul, Z., Junaidi, J., & Hartini, D. (2021). Sosialisasi pesantren dan santri sehat di pondok pesantren mahasiswa liwa’ul haq. Poltekita Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 42-48. https://doi.org/10.33860/pjpm.v2i2.404
Hazin, M., Hariyati, N., Khamidi, A., & Setiawan, A. C. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan KOSP di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia. Journal of Smart Community Service, 1(2), 52-62.
https://journal.cahyaedu.com/index.php/jscs/article/view/32
Mukhlishin, A. (2024). Pendampingan santri dalam budidaya magot di provinsi lampung: meningkatkan kemandirian pondok pesantren melalui ekonomi circular. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(1). https://doi.org/10.51214/00202404735000
Nasrul, N., Hafid, F., & Hasan, S. (2021). Sosialisasi gerakan masyarakat sehat dan pencegahan stunting di pondok pesantren husnayain. Poltekita Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 54-60. https://doi.org/10.33860/pjpm.v2i2.410
Nurdin, A. and Naqqiyah, M. (2019). Model moderasi beragama berbasis pesantren salaf. Islamica Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 82-102. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102
PS, A. (2022). Membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan islam (studi moderasi beragama melalui kegiatan pesantren mahasiswa an-nur surabaya). JI, 2(1), 27-40. https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.54
Rif’ah, E. (2019). Pemberdayaan pusat kesehatan pesantren (poskestren) untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Warta Pengabdian, 13(3). https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.11862
Rofi'i, M. (2023). Peran ponpes al-jamhar dalam menanamkan moderasi beragama pada masyarakat multi agama di desa balun-turi-lamongan. Rayah Al-Islam, 7(3), 1599-1616. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.872
Sahruddin, S. (2023). Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam membangun moderasi beragama pada pondok pesantren ahlush suffah kabupaten bantaeng. Fikrotuna Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(02), 128-144. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7380
Setiadi, T., Hazin, M., Sitohang, L. L., Pamuji, E., Prabayanti, H. R., & Fitrie, R. A. (2024, September). SOCIAL DIMENSION FORCE TOWARDS HEALTH TOURISM INITIATIVE IN TAMANSARI VILLAGE BANYUWANGI. In The Fourth International Conference on Innovations Social Sciences Education and Engineering (Vol. 4, pp. 043-043).
Syafei, I. (2017). Pondok pesantren: lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Ulum, A. (2024). Strategi pemberdayaan organisasi kepengurusan santri di pondok pesantren sebagai pilar pendidikan. jpim, 1(1), 48-50. https://doi.org/10.62759/jpim.v1i1.93
Wijaya, N. and Aini, S. (2020). Pemberdayaan santri dalam pengembangan ekonomi kreatif “kimi bag” di pondok pesantren al qohar klaten. Dimas Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1), 23. https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.5124
Yani, M. T., Hazin, M., & Wijaya, A. (2023). Pengembangan Kepemimpinan Santri dan Manajemen Organisasi Melalui Pelatihan bagi Pengurus Pondok Pesantren. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(02), 22–36. https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/27852
Yunanda, R. (2023). Penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja di posyandu pondok pesantren al-muqorrabun pontianak. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks, 1(5), 689-695. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.137
Yuningsih, S. (2023). Pelatihan pembuatan sadajah travel dengan aplikasi macrame sebagai elemen dekoratif di pondok abu wildan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (Pkm-Csr), 6, 1-7. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.1912
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

