MEMBANGUN HARMONI, MENGHAPUS INTIMIDASI: PELATIHAN MENCEGAH DAN MENGATASI BULLYING DI PESANTREN
Abstract
Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan Guru dan pengasuh di Pondok Pesantren Songkham Islam Witayya Thailand dalam memahami, dan meningkatkan kemampuan merancang program mencegah dan mengatasi bullying pada santriwan dan santriwati. Metode PKM yang digunakan adalah pelatihan dengan langkah-langkah sajian materi, pemaparan contoh kasus, simulasi merancang program pencegahan bullying, praktik membuat program mencegah dan mengatasi bullying, dan pemberian tugas terstruktur. Jumlah peserta kegiatan PKM ini 20 guru dan pengasuh di Songkham Islam Witayya Thailand. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil PKM dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman terhadap upaya mencegah dan mengatasi bullying pada guru di pesantren Songkham Islam Witayya School Thailand, adanya perubahan persepsi dan sikap yang semakin membaik terhadap pelatihan dan adanya penguasaan ketrampilan menyusun program mencegah dan mengatasi bullying serta peningkatan skor amatan selama peserta melakukan perancangan program mencegah dan mengatasi bullying. Rekomendasi dari kegiatan PKM ini ketrampilan merancang program mencegah dan mengatasi bullying perlu di sebarluaskan kepada guru lain yang belum mengikuti pelatihan
References
Andri Priyatna. 2021. Let’s end Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Koputindo
Corey, Gerald, 2009. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Drajat Edy Kurniawan dan Taufik Agung Pranowo. 2018. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Volume 02. No 01. Hlm 50-60
Kusumasari Kartika –et all (2019) Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (01) (2019) 55-66 http://ejournal.upi.edu /index.php/pedagogia Psikologi, Universitas Indonesia
Kwasi Otopa Antiri (2016), Types of Bullying in the Senior High Schhools in Ghana Journal of Education and Practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.7, No.36,
Lee, C. (2004). Preventing bullying in schools: A guide for teachers and other professionals. London: Paul Chapman Publishing.
Limber, S. P., & Small, M. A. (2003). State laws and policies to address bullying in schools. School Psychology Review, 32(3), 445-455
Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Cambridge, MA: Blackwell.
Ponny Retno Astuti. 2024. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulanginya Kekerasan pada Anak. Jakarta: PT Grasindo
Rigby, K. (2008). Children and bullying. how parents and educators can reduce bullying at school. California: Blackwell Publishing
Schott, R. M., & Søndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in context. Cambridge University Press.
Windy Sartika Lestari. 2016. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying di kalangan Peserta Didik. Sosiodidakta: Social Science Education Journal. Vol 3. No 2. Hal 147-157
Yahaya Lasiele Alabi and Mustapha Mulikat Lami, Efficacy of Client-Centred and Rational-Emotive Behaviour Therapies in Reducing Bullying Behaviour among in-School Adolescents in Ilorin, Nigeria International Journal of Instruction www.e-iji.net January 2015, Vol.8. Tahun2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

