Penguatan Kapasitas Organisasi Melalui Leadership Training Menghadapi Normal Baru di Pondok Pesantren

Authors

  • Syunu Trihantoyo ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ, Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Universitas Negeri Surabaya
  • M. Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

kapasitas organisasi, pelatihan kepala sekolah, pondok pesantren

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan menjadi tonggak keberhasilan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebermanfaatan pelatihan yang dikemas dalam bentuk pengabdian masyarakat tentang kepemimpinan dalam menghadapi normal baru sebagai bagian dari kajian penguatan kapasitas organisasi. Metode pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahapyaitu: tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan pendampingan, dan evaluasi hasil pendampingan. Subjek kegiatan ini adalah kepala sekolah di Yayasan Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini didapatkan kepala sekolah mendapatkan peningkatan pemahaman dan keahlian tentang: (1) pengembangan diri dan orang lain; (2) kepemimpinan pembelajaran; (3) kepemimpinan manajemen sekolah; dan (4) kepemimpinan pengembangan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi kegiatan dengan skor rata-rata kategori sangat baik sebesar 86,25% dan kategori baik sebesar 13,75%.

Author Biography

Syunu Trihantoyo, ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ, Universitas Negeri Surabaya

References

Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Ananda, H. R., & Amiruddin, M. P. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan potensi teknologi dan inovasi pendidikan. Cv. Widya Puspita.

Atmojo, I. R. W., Sajidan, S. S., Sunarno, W. S., & Ashadi, A. A. (2019). Improving the entrepreneurship competence of pre-service elementary teachers on professional education program through the skills of disruptive innovators. Elementary Education Online, 18(3).

Bryndin, E. (2019). Creative innovative higher education of researchers with flexible skills and synergy of cooperation. Contemporary Research in Education and English Language Teaching, 1(1), 1–6.

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64.

Hanipah, R., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penguatan Karakter Cintah Tanah Air Melalui Pemahaman Wawasan Kebangsaan Abad 21. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 678–683.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nisrokha, N. (2020). Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan. Madaniyah, 10(2), 173–184.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126.

Ridwan, S. (2019). Intellectual capital dan knowledge management dalam inovasi dan kreasi media pembelajaran berbasis kemampuan 4c dan literasi. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 75–81.

Rohmah, W. (2016). Upaya meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam peningkatan profesionalisme guru.

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113–124.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia.

Vargo, S. L., Akaka, M. A., & Wieland, H. (2020). Rethinking the process of diffusion in innovation: A service-ecosystems and institutional perspective. Journal of Business Research, 116, 526–534.

Volberda, H. W., Van Den Bosch, F. A. J., & Heij, C. V. (2013). Management innovation: Management as fertile ground for innovation. Wiley Online Library.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut PISA 2018: Pengembangan Literasi Matematika untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Trihantoyo, S., Amalia, K. ., Supriyanto, Haq, M. S. ., & Karwanto. (2022). Penguatan Kapasitas Organisasi Melalui Leadership Training Menghadapi Normal Baru di Pondok Pesantren. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(01), 12–27. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/19245

Issue

Section

Articles
Abstract views: 209 , PDF Downloads: 194