Penguatan Kapasitas Organisasi Melalui Leadership Training Menghadapi Normal Baru di Pondok Pesantren

Authors

  • Syunu Trihantoyo ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ, Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Universitas Negeri Surabaya
  • M. Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

kapasitas organisasi, pelatihan kepala sekolah, pondok pesantren

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan menjadi tonggak keberhasilan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebermanfaatan pelatihan yang dikemas dalam bentuk pengabdian masyarakat tentang kepemimpinan dalam menghadapi normal baru sebagai bagian dari kajian penguatan kapasitas organisasi. Metode pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahapyaitu: tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan pendampingan, dan evaluasi hasil pendampingan. Subjek kegiatan ini adalah kepala sekolah di Yayasan Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini didapatkan kepala sekolah mendapatkan peningkatan pemahaman dan keahlian tentang: (1) pengembangan diri dan orang lain; (2) kepemimpinan pembelajaran; (3) kepemimpinan manajemen sekolah; dan (4) kepemimpinan pengembangan sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi kegiatan dengan skor rata-rata kategori sangat baik sebesar 86,25% dan kategori baik sebesar 13,75%.

Author Biography

Syunu Trihantoyo, ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ, Universitas Negeri Surabaya

References

Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Ananda, H. R., & Amiruddin, M. P. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan potensi teknologi dan inovasi pendidikan. Cv. Widya Puspita.

Atmojo, I. R. W., Sajidan, S. S., Sunarno, W. S., & Ashadi, A. A. (2019). Improving the entrepreneurship competence of pre-service elementary teachers on professional education program through the skills of disruptive innovators. Elementary Education Online, 18(3).

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Rohmah, W. (2016). Upaya meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam peningkatan profesionalisme guru.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia.

Volberda, H. W., Van Den Bosch, F. A. J., & Heij, C. V. (2013). Management innovation: Management as fertile ground for innovation. Wiley Online Library.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Trihantoyo, S., Amalia, K. ., Supriyanto, Haq, M. S. ., & Karwanto. (2022). Penguatan Kapasitas Organisasi Melalui Leadership Training Menghadapi Normal Baru di Pondok Pesantren. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(01), 12–27. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/19245

Issue

Section

Articles
Abstract views: 237 , PDF Downloads: 249

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.