PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN SANTRI DAN MANAJEMEN ORGANISASI MELALUI PELATIHAN BAGI PENGURUS PONDOK PESANTREN

Authors

  • Muhammad Turhan Yani Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya
  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pondok Pesantren merupakan garda terdepan dalam membangun peradaban dunia khususnya Indonesia. Dalam upaya menguatkan peran pesantren, perlu adanya organisasi santri sebagai wadah mengembangkan kepemimpinan dan manajerial santri. Tujuan pengabdian ini: (1) mengidentifikasi masalah yang timbul pada organisasi santri; (2) merancang solusi permasalahan yang timbul; dan (3) melakukan pelatihan dan pendampingan secra komprehensif untuk meningkatkan sotfskill santri khusunya pengurus. Metode pelaksanaan pendampingan menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research), yang diawali dengan memetakan persoalan (Diagnosis), merencanakan gerakan (Mapping), melaksanakan tindakan transformatif (Action), pengamatan dan evaluasi (Observe), dan menyusun teoritisasi (Reflect). Hasil menunjukkah bahwa pelatihan dan pendampingan kepemimpinan dan manajemen organisasi di pondok pesantren ittihadul ummah dilakukan melalui 3 tahap persiapan; pelaksanaan, dan evaluasi. (1) persiapan dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, penyusunan materi dan penentuan narasumber. (2) pelaksanaan dilakukan dengan mengintegrasikan antara teori dan praktik, dengan pendekatan yang mencakup nilai-nilai lokal, keagamaan, dan konsep manajemen modern. sehingga menciptakan pengalaman pembelajaran yang holistik dan memastikan bahwa peserta dapat menerapkan konsep-konsep tersebut dalam konteks nyata di pondok pesantren mereka. (3) evaluasi dilakukan untuk mengukur relevansi materi, kepusan dan kemudahan pemahasan, selain itu juga mengukur kualitas, narasumber, fasilitas dan metode pelatihan. Rekomendasi kedepan dilakukan desiminasi kepada seluruh santri pondok pesantren dan melibatkan lebih banyak stakeholder pesantren.

References

Akhiruddin, K. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jurnal TARBIYA.

Alwi, B., Rohmah, M., Muhtadi, M. S., Anggraini, N. A., Yusrohlana, S., & Yunilasari, D. (2021). Pendampingan Fikih Marital bagi Remaja Putus Sekolah. 2(1), 38–54.

Halim, A., & Rofiki, M. (2022). The Transformative Leadership Strategy: Efforts to Improve the Positive Image of School. Jurnal Basicedu, 6(4), 5785–5793.

Hayati, N., & Yulianto, E. (2021). Efektivitas pelatihan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Journal Civics and Social Studies, 5(1), 98-115.

Hazin, M., & Rahmawati, NWD. (2021). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 293-310. doi:http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745

Hazin, M., Rahmawati, N. W. D., Hakim, A., & Tanjung, A. S. (2022). Penguatan Mental dan Sosial Siswa Melalui Pendampingan Psikososial di Era New Normal. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(01), 78–89. https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/20031

Husni, K., & Saebani, B. A. (2015). Manajemen Perubahan Sekolah. Jakarta: Pustaka Setia

Munandar, D. R. (2019). MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI SEKOLAH LUARBIASA. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Pratama & Yani. (2018). Pola Interaksi Kiai dan Santri Pondok Pesantren Nurul Azizah Desa Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v6n3.p%p

Suryana, A. T. (2019). Sistem Manajemen Pengkaderan di Pondok Pesantren. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 97-123.

Widodo, H. (2017). Manajemen perubahan budaya sekolah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287–306.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Yani, M. T., Hazin, M., & Wijaya, A. (2023). PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN SANTRI DAN MANAJEMEN ORGANISASI MELALUI PELATIHAN BAGI PENGURUS PONDOK PESANTREN. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(02), 22–36. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/27852
Abstract views: 96 , PDF Downloads: 204