PELATIHAN PEMAHAMAN CP DAN PENYUSUNAN TP SERTA ATP, DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Sekolah Indonesia Luar Negeri yang selanjutnya disingkat SILN merupakan satuan pendidikan pada jalur formal yang diselenggarakan di luar negeri dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan dan dalam sistem pendidikan nasional. Kontribusi SILN dalam dunia pendidikan sangat jelas yakni memberikan akses pendidikan kepada putera puteri Indonesia di Luar negeri. Namun ditengah keberagaman dan dengan adanya heteroginitas latar belakang peserta didik, upaya dalam menciptakan pengajaran efektif dirasa sangat sulit untuk diciptakan sehingga menjadi kendala tersendiri dalam pengelolaan pembelajarannya. Pembelajaran berdiferensiasi yang merupakan inovasi dalam dunia pendidikan khususnya kurikulum merdeka perlu dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa. Untuk itu diperlukan sebuah program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam Pelatihan Pemahaman CP Dan Penyusunan TP Serta ATP, dan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Dalam hal ini, tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Surabaya (UNESA) akan memberikan kontribusi nyata melalui PKM yang dalam pelaksanaan nya akan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan pendampingan dan evaluasi hasil pendampingan. Pelatihan ini bertujuan memberikan acuan bagi lembaga/organisasi maupun perorangan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Berdiferensiasi terutama dalam Pemahaman CP Dan Penyusunan TP Serta ATP, dengan target luaran berupa peningkatan kemampuan dalam mengelola pendidikan khususnya pembelajaran yang berdiferensiasi sehingga dapat menciptakan pendidikan yang bermutu.