Pendampingan Menghafal Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Ummi di Pengajian Qurrata A’yun
Keywords:
Al Qur'an; Belajar Menghafal Al - Qur'an; Metode UmmiAbstract
Pengajian Qurrata A'yun yang terletak di Komplek Perumahan Bukit Berbunga Desa Mekargalih Kabupaten Purwakarta ini menjadi wadah untuk belajar mengaji. Kurangnya kemampuan dalam memahami Al-Qur'an, khususnya membaca sesuai kaidah dan mengingatnya menjadi perhatian dan fokus pengabdian. Kurangnya kemampuan membaca Al-Qur'an, serta proses pembelajaran yang memakan waktu, turut menyebabkan kurangnya konsentrasi saat mempelajarinya. Ayat-ayat Al-Qur'an mengandung kata-kata yang luas, sehingga sulit untuk membaca dengan lancar. Hal ini menjadi salah satu kendala bagi dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an. Masalah ini bermula dari kurangnya pemahaman tentang tajwid yang sering diajarkan secara praktis, sehingga memaksa anak-anak untuk menghafalnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajari anak-anak cara membaca dan mengingat Al-Quran sedemikian rupa sehingga bacaan mereka sesuai dengan pedoman. Pendekatan yang digunakan dalam pendampingan adalah pengajaran Al-Qur'an tatap muka kepada anak-anak yang membaca Al-Qur'an menggunakan teknik Ummi. Setelah dilakukan pendampingan, kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an para peserta ada perubahan dan peningkatkan.
References
Faqih, G. a. (2010). Al- Quran sang Pemuka Cahaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fauzi Rosmerry R., Supendi, D (2022). Penyuluhan terhadap Orang Tua dalam Mendidik Prilaku Beribadah Anak. Jurnal Abmas, Juni 2022 Vol 22, No 1 (2022), DOI: https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47586
Fatimah, D. (2017). Landasan Pendidikan. Jakarta: CV. Alumgadan Mandiri.
Fatmasari, Y. (2019). Efektifitas Pemeblajaran metode ummi Terhadap peningkatan hafalan surat pendek. digilib.uinsby.ac.id, 88.
Hambali. (2013). Cinta AL-Qur'an Para Hafidz Cilik. Yogyakarta: Najah.
La Rajab, S. S. (2019). Metode Ummi dan Pembelajarannya. Ambon: LP2M IAIN Ambon.
Nurarita, N., & Supendi, D. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Campaka. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 3(02), 167-180.
Penyusun, T. (2022). Buku Panduan Kuliah Pengambian Masyarakat. Purwakarta: staimuttaqien.
Rohayati, S., Supendi, D., & Sanusi, M. (2022). Pengaruh Emotional Quotient (EQ) Terhadap Akhlak Siswa Kepada Guru Kelas X 2 di MA Daarul Ma'arif Pasawahan. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 3(01), 25-34.
Rusfi, M. (2017). Ushul Fiqih. http://respository.radenintan.ac.id, 7.
Supendi, D. (2015). Mengukur Kompetensi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Nopember 2015 halaman 6
Supendi, D. (2015). Quo Vadis Organisasi Profesi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 7 Desember 2015 halaman 6
Supendi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa STAI DR KH. EZ. Muttaqien Dalam Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 2(01), 7-18.
Supendi, D., Komariah, A., & Kurniady, D. A. (2021, February). The Effectiveness of Online Website-Based New Student Admissions (PPDB). In 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020) (pp. 109-111). Atlantis Press.
Supendi, D. (2021). PENGARUH PPDB ONLINE BERBASIS WEB TERHADAP MUTU LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Purwakarta). S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Supendi, D. (2021). PPDB Berbasis Online Solusi Tingkatkan Kepuasan Pelanggan dan Mutu Layanan Sekolah. Bandung: Indonesia Emas Group.
Supendi, D. (2022). Balada Essay; 21 Opini Catatan Kecil. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Syarifuddin. (2004). Mendidik anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al- Qur'an. Jakarta: Gema Insani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

