Pelatihan Keseimbangan Tubuh Pada Anak Dengan Hambatan Motorik Bagi Guru Di Slb Bangun Bangsa Surabaya

Authors

  • diah Anggraeny
  • endang pudjiastuti Sartinah
  • sujarwanto

Abstract

Keseimbangan tubuh adalah salah satu aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak sesuai dengan tahapan usia tumbuh kembangnya. Anak dengan hambatan motorik membutuhkan kemampuan untuk mengatur keseimbangan tubuh yang dimiliki sehingga mampu melaksanakan kegiatan fungsional sehari-hari dengan baik. Dalam hal tersebut dibutuhkan metode yang tepat salah satunya dengan balance exercise atau latihan keseimbangan.  Pada sekolah luar biasa, tidak semua guru dapat memahami cara melakukan latihan keseimbangan bagi anak dengan hambatan motorik secara teori dan praktiknya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan Guru di SLB Bangun Bangsa Surabaya dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari dengan penyampaian materi dan praktik menggunakan Gym Ball, Papan Keseimbangan, Bolster Bulat dan Kotak, serta Kursi Peto. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peningkatan pemahaman dan kemampuan Guru di SLB Bangun Bangsa Surabaya dalam melatih keseimbangan anak dengan hambatan motorik.

References

Adhe, Kartika et al. 2018. The Implementation of Physical Fitness Learning Module in Kindergarten. In , 156-58

Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB

Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta : Depdikbud.

Edwards, J.W. 1952. Orthopaedic Appliances Atlas. Michigan: Incorporated Ann Arbor.

Erlinda, E, IW Dharmayana, and N Syam. 2014. “Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Melempar Dan Menangkap Bola.” http://repository.unib.ac.id/8663/.

Hazin, M., & Devi Rahmawati, N. W. . (2023). Implementation of Policy “Praktisi Mengajar” in Higher Education. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(1), 1-13. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i1.1001

Idris, Ferial H, dan Rasyid, Nagar. 1987. Ambulasi Penca Gangguan Gerak. Bandung: YPAC.

Irfan, M., and J. Susanti. 2008. “Pengaruh Penerapan Motor Learning Programme (MRP) Terhadap Peningkatan Keseimbangan Berdiri Pada Pasien Stroke Hemiplegi.” Jurnal Fisioterapi Indonusa 8(2): 109–26.

Martini, Elmira. 1981. Gerak dan Irama I dan II. Bandung: PLB FIP IKIP.

Mercer, Cecil D. & Mercer, Ann R. 1989. Teaching Student with Learning Problems. London : Merril Publishing Company.

Rindang, Wredha, and Asih Ungaran. 2014. “Efek Pemberian Latihan Keseimbangan Dalam Mempertahankan Kemampuan Keseimbangan Manula Panti Wredha Rindang Asih 1 Ungaran.” Journal of Sport Sciences and Fitness 3(1): 49–54.

Schwam, Zachary G., and George Wanna. 2019. Pediatric Vestibular Disorders. In Diagnosis and Treatment of Vestibular Disorders, , 35361.

Simposium. 1991. Latihan Gerak Pada Anak Balita Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Bandung : Yayasan Suryakanti, Goethe Institut.

Wardani, I.G.A.K. 1995. Pengembangan Perencanaan Pengajaran Dalam PLB. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTK.

Werner, David. 1987. Disable Village Children. USA: The Herperian Foundation. WHO, 1983. Training Disable People In The Community. USA: WHO.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Panduan Bagi Orang Tua Dan Pendidik PAUD Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Anggraeny, diah, Sartinah, endang pudjiastuti, & sujarwanto. (2023). Pelatihan Keseimbangan Tubuh Pada Anak Dengan Hambatan Motorik Bagi Guru Di Slb Bangun Bangsa Surabaya. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(01), 13–19. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/21458

Issue

Section

Articles
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 21