Pelatihan Keseimbangan Tubuh Pada Anak Dengan Hambatan Motorik Bagi Guru Di Slb Bangun Bangsa Surabaya
Abstract
Keseimbangan tubuh adalah salah satu aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak sesuai dengan tahapan usia tumbuh kembangnya. Anak dengan hambatan motorik membutuhkan kemampuan untuk mengatur keseimbangan tubuh yang dimiliki sehingga mampu melaksanakan kegiatan fungsional sehari-hari dengan baik. Dalam hal tersebut dibutuhkan metode yang tepat salah satunya dengan balance exercise atau latihan keseimbangan. Pada sekolah luar biasa, tidak semua guru dapat memahami cara melakukan latihan keseimbangan bagi anak dengan hambatan motorik secara teori dan praktiknya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan Guru di SLB Bangun Bangsa Surabaya dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari dengan penyampaian materi dan praktik menggunakan Gym Ball, Papan Keseimbangan, Bolster Bulat dan Kotak, serta Kursi Peto. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peningkatan pemahaman dan kemampuan Guru di SLB Bangun Bangsa Surabaya dalam melatih keseimbangan anak dengan hambatan motorik.
References
Adhe, Kartika et al. 2018. The Implementation of Physical Fitness Learning Module in Kindergarten. In , 156-58
Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB
Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta : Depdikbud.
Edwards, J.W. 1952. Orthopaedic Appliances Atlas. Michigan: Incorporated Ann Arbor.
Idris, Ferial H, dan Rasyid, Nagar. 1987. Ambulasi Penca Gangguan Gerak. Bandung: YPAC.
Martini, Elmira. 1981. Gerak dan Irama I dan II. Bandung: PLB FIP IKIP.
Mercer, Cecil D. & Mercer, Ann R. 1989. Teaching Student with Learning Problems. London : Merril Publishing Company.
Schwam, Zachary G., and George Wanna. 2019. Pediatric Vestibular Disorders. In Diagnosis and Treatment of Vestibular Disorders, , 35361.
Simposium. 1991. Latihan Gerak Pada Anak Balita Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Bandung : Yayasan Suryakanti, Goethe Institut.
Wardani, I.G.A.K. 1995. Pengembangan Perencanaan Pengajaran Dalam PLB. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTK.
Werner, David. 1987. Disable Village Children. USA: The Herperian Foundation. WHO, 1983. Training Disable People In The Community. USA: WHO.
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Panduan Bagi Orang Tua Dan Pendidik PAUD Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.