Penguatan Mental dan Sosial Siswa Melalui Pendampingan Psikososial di Era New Normal
Keywords:
Pendampingan Psikososial, Siswa, New NormalAbstract
Pembelajaran selama pandemi Covid-19 menimbulkan masalah baru yaitu persoalan psikologi dan sosial siswa. Maka dibutuhkan penguatan dan pendampingan psikososial guna mengatasi mental siswa, khususnya pada sekolah dasar. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah psikososial pada siswa dan penanganan yang tepat dalam menghadapi pembelajaran tatap muka kembali. Program pendampingan ini menggunakan metode partisipatory action research yang melibatkan 10 sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hasil program pendampingan ini menunjukkan bahwa; Pertama, hasil identifikasi masalah psikososial yang dialami oleh siswa ada 5 permasalahan, yaitu; (1). kesadaran terhadap covid-19 yang rendah, (2). kepekaan sosial berkurang, (3). kepercayaan diri siswa semakin lemah, (4). hilangnya kerjasama kelompok, (5). kecemasan pada psikologi siswa. Kedua, Pendampingan psikososial yang dilakukan yaitu edukasi new normal, peningkatan kepekaan sosial, pemantapan kepercyaan diri, pengembangan kerjasama tim, dan penanganan kecemasan siswa.
References