Penguatan Mental dan Sosial Siswa Melalui Pendampingan Psikososial di Era New Normal
Keywords:
Pendampingan Psikososial, Siswa, New NormalAbstract
Pembelajaran selama pandemi Covid-19 menimbulkan masalah baru yaitu persoalan psikologi dan sosial siswa. Maka dibutuhkan penguatan dan pendampingan psikososial guna mengatasi mental siswa, khususnya pada sekolah dasar. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah psikososial pada siswa dan penanganan yang tepat dalam menghadapi pembelajaran tatap muka kembali. Program pendampingan ini menggunakan metode partisipatory action research yang melibatkan 10 sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hasil program pendampingan ini menunjukkan bahwa; Pertama, hasil identifikasi masalah psikososial yang dialami oleh siswa ada 5 permasalahan, yaitu; (1). kesadaran terhadap covid-19 yang rendah, (2). kepekaan sosial berkurang, (3). kepercayaan diri siswa semakin lemah, (4). hilangnya kerjasama kelompok, (5). kecemasan pada psikologi siswa. Kedua, Pendampingan psikososial yang dilakukan yaitu edukasi new normal, peningkatan kepekaan sosial, pemantapan kepercyaan diri, pengembangan kerjasama tim, dan penanganan kecemasan siswa.
References
Alviani, D. T., Widjaja, A., Muhammad, H. T. W., & ... (2021). Capaian Perkembangan Kognitif Anak Penyintas Kekerasan Verbal Domestik yang Semakin Intensif Selama Pandemi. Humanitas, 5(3), 249–266. https://journal.maranatha.edu/index.php/humanitas/article/view/4062
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf
Hazin, M., Hidayat, S., Tanjung, A. S., Syamwiel, A., & Hakim, A. (2021). Pendampingan Psikososial dan Modul Pembelajaran Sekolah Dasar untuk Mengatasi Learning Loss. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(2), 178–189.
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46
Nainggolan, T. (2011). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Pengguna Napza. Sosiokonsepsia, 16 (2), 161–174.
Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716
Permana, E. P., & Rosalia, N. D. (2021). Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Mengajar saat Work From Office bagi Guru SDN 02 Puyung Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 75–80. https://doi.org/10.29407/ja.v5i1.16040
Sihati, A. (2022). Dampak Learning Loss terhadap Psikososial Mahasiswa Saat dan Pasca Pandemi Covid-19 Sekolah Tinggi Islam Blambangan ( STIB ) Banyuwangi Sekolah Tinggi Islam Blambangan ( STIB ) Banyuwangi. 203–222.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)