Penguatan Mental dan Sosial Siswa Melalui Pendampingan Psikososial di Era New Normal

Penulis

  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Wedia Devi Rahmawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Abdul Hakim Universitas Nasional Jakarta
  • Agus Suherman Tanjung Universitas Nasional Jakarta

Kata Kunci:

Pendampingan Psikososial, Siswa, New Normal

Abstrak

Pembelajaran selama pandemi Covid-19 menimbulkan masalah baru yaitu persoalan psikologi dan sosial siswa. Maka dibutuhkan penguatan dan pendampingan psikososial guna mengatasi mental siswa, khususnya pada sekolah dasar. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah psikososial pada siswa dan penanganan yang tepat dalam menghadapi pembelajaran tatap muka kembali.  Program pendampingan ini menggunakan metode partisipatory action research yang melibatkan 10 sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hasil program pendampingan ini menunjukkan bahwa; Pertama, hasil identifikasi masalah psikososial yang dialami oleh siswa ada 5 permasalahan, yaitu; (1). kesadaran terhadap covid-19 yang rendah, (2). kepekaan sosial berkurang, (3). kepercayaan diri siswa semakin lemah, (4). hilangnya kerjasama kelompok, (5). kecemasan pada psikologi siswa. Kedua, Pendampingan psikososial yang dilakukan yaitu edukasi new normal, peningkatan kepekaan sosial, pemantapan kepercyaan diri, pengembangan kerjasama tim, dan penanganan kecemasan siswa.

Referensi

Diterbitkan

2022-10-03

Cara Mengutip

Hazin, M., Rahmawati, N. W. D., Hakim, A., & Tanjung, A. S. (2022). Penguatan Mental dan Sosial Siswa Melalui Pendampingan Psikososial di Era New Normal. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(01), 78–89. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/20031

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 416 , PDF Downloads: 579

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.