MODEL TIRTA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK BAGI KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Syunu Trihantoyo ID Sinta: 6009115, ID Google Scholar: cdQAXgkAAAAJ - Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Windasari Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Rezki Nurma Fitria Universitas Negeri Surabaya
  • Rengga Aprilia Universitas Negeri Surabaya
  • Feby Eka Listiani Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Lailatulqodar Riswati Universitas Negeri Surabaya
  • Mujiono Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
  • Wahyu Purwaningayu Galih TK Darul Ulum Surabaya

Keywords:

Kompetensi; Kepemimpinan Pembelajaran; Berpusat Siswa

Abstract

Artikel ini disusun untuk mengeksplorasi model kepemimpinan pembelajaran dengan integrasi pada pembelajaran yang berpusat pada siswa bagi kepala sekolah jenjang SMK. Metode yang digunakan dengan memberikan pelatihan dengan model TIRTA kepada 35 kepala sekolah SMK Swasta yang ada di Kabupaten Magetan dan Ponorogo. Cakupan materi pelatihan meliputi: (1) kepemimpinan pembelajaran dengan membudayakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan inklusif untuk seluruh warga sekolah; dan (2) peningkatan kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang meliputi aspek: perencanaan, pelaksanaan, asesmen dan pelaporan hasil belajar peserta didik. Hasil dari pelatihan menunjukkan pentingnya peningkatan kompetensi dan keterampilan kepala sekolah SMK dalam menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan dan potensi peserta didik, mengingat jenjang SMK memfokuskan pada kompetensi lulusan yang siap bekerja. Evaluasi pelatihan dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan dengan menggunakan instrumen evaluasi model Kirkpatrick dengan nilai skor rata-rata 4.20 (kategori sangat tinggi). Hal ini mengindikasikan bahwa reaksi peserta pelatihan, pengalaman pembelajaran yang didapatkan, perubahan perilaku, serta hasil dari pelatihan terhadap tugas kepala sekolah dalam hal kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada siswa sangat memberikan dampak bagi sekolah maupun siswa.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Trihantoyo, S., Windasari, Wulandari, A., Nurma Fitria, R., Aprilia, R., Eka Listiani, F., … Purwaningayu Galih , W. (2024). MODEL TIRTA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK BAGI KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 3(1), 43–57. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/33567

Issue

Section

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 31

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.