MODEL TIRTA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK BAGI KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Keywords:
Kompetensi; Kepemimpinan Pembelajaran; Berpusat SiswaAbstract
Artikel ini disusun untuk mengeksplorasi model kepemimpinan pembelajaran dengan integrasi pada pembelajaran yang berpusat pada siswa bagi kepala sekolah jenjang SMK. Metode yang digunakan dengan memberikan pelatihan dengan model TIRTA kepada 35 kepala sekolah SMK Swasta yang ada di Kabupaten Magetan dan Ponorogo. Cakupan materi pelatihan meliputi: (1) kepemimpinan pembelajaran dengan membudayakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan inklusif untuk seluruh warga sekolah; dan (2) peningkatan kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang meliputi aspek: perencanaan, pelaksanaan, asesmen dan pelaporan hasil belajar peserta didik. Hasil dari pelatihan menunjukkan pentingnya peningkatan kompetensi dan keterampilan kepala sekolah SMK dalam menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan dan potensi peserta didik, mengingat jenjang SMK memfokuskan pada kompetensi lulusan yang siap bekerja. Evaluasi pelatihan dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan dengan menggunakan instrumen evaluasi model Kirkpatrick dengan nilai skor rata-rata 4.20 (kategori sangat tinggi). Hal ini mengindikasikan bahwa reaksi peserta pelatihan, pengalaman pembelajaran yang didapatkan, perubahan perilaku, serta hasil dari pelatihan terhadap tugas kepala sekolah dalam hal kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada siswa sangat memberikan dampak bagi sekolah maupun siswa.