Pelatihan Konseling Sideco (Systematis Desensitisasi Dan Ego State Counseling) Untuk Menangani Mogok Sekolah pada Siswa SMP di Kota Surabaya

Authors

  • Mochamad Nursalim Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Indah Pertiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiowati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pelatihan konseling, Mogok Sekolah, sideco

Abstract

Tujuan pelatihan ini adalah: 1) meningkatkan pemahaman Konselor SMP di Surabaya tentang hakikat mogok sekolah, faktor-faktor penyebab, akibat, dan cara mengatasi mogok sekolah, 2) meningkatkan penguasaan guru BK / konselor tentang konseling Sideco untuk mengurangi mogok sekolah pada siswa, 3) meningkatkan kemampuan  Konselor SMA di Surabaya dalam menangani siswa yang mengalami mogok sekolah  dengan menggunakan konseling Sideco. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah yang dialami mitra adalah sebagai berikut. 1) mengidentifikasi Guru BK yang memerlukan pelatihan konseling,  2) pemberian pelatihan terhadap guru BK yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa: 1) Perubahan  perilaku peserta dalam aspek afektif  nampak pada  perubahan persepsi dan sikap yang  semakin  membaik  terhadap Konseling Sideco dan menunjukkan senang  dan tertarik serta mempunyai keinginan mempelajari Konseling Sideco lebih lanjut, 2) Perubahan  kemampuan psikomotor peserta  dapat  dilihat dari  dikuasainya tehnik dan ketrampilan  yaitu ketrampilan mengidentifikasi siswa yang mengalami mogok sekolah, ketrampilan dalam konseling Sideco.

References

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Carll, Elizabeth K. (2007). Trauma Psychology : Issues In Violence, Disaster, Health, and Illness. United Kingdom : Greenwood Publishing Group, Inc.Cooper et. al, 2007;

Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. 10th. ed. Belmont, CA: Cengange.

Emmerson, G. (2003). Ego-state therapy. Wales; Carmethen,

Goldstein, E. G. (2011). Ego Psychology And Social Work Practice (2nd ed.). NY: The Free Press

Haarman, G. B. (2009). School refusal behavior: Effective techniques to help children who can?t or won?t go to school. www. heiselandassoc. com/Mydocs/ Haarman%20 School%20 Refusal. Pdf.

Kearney, C. A. (2007). Forms And Functions Of School Refusal Behavior In Youth: An Empirical Analysis Of Absenteeism Severity. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 48, 53?61.

Monarth, H. & Kase, L. (2007). The Confident Speaker: Beat Your Nerves And Communicate at Your Best in Any Situation. New York, NY: McGraw-Hill.

Watkins, J.G. & Watkins, H. (1997). Ego states: Theory and Practice. New York: Norton.

Wolpe, J. 1982. The Practice Of Behavior Therapy (3rd ed.). New York: Pergamon.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Nursalim, M., Pertiwi, T. I., & Setiowati, D. . (2022). Pelatihan Konseling Sideco (Systematis Desensitisasi Dan Ego State Counseling) Untuk Menangani Mogok Sekolah pada Siswa SMP di Kota Surabaya. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(01), 38–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/19147

Issue

Section

Articles
Abstract views: 263 , PDF Downloads: 310

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.