Pelatihan Konseling Sideco (Systematis Desensitisasi Dan Ego State Counseling) Untuk Menangani Mogok Sekolah pada Siswa SMP di Kota Surabaya
Keywords:
Pelatihan konseling, Mogok Sekolah, sidecoAbstract
Tujuan pelatihan ini adalah: 1) meningkatkan pemahaman Konselor SMP di Surabaya tentang hakikat mogok sekolah, faktor-faktor penyebab, akibat, dan cara mengatasi mogok sekolah, 2) meningkatkan penguasaan guru BK / konselor tentang konseling Sideco untuk mengurangi mogok sekolah pada siswa, 3) meningkatkan kemampuan Konselor SMA di Surabaya dalam menangani siswa yang mengalami mogok sekolah dengan menggunakan konseling Sideco. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah yang dialami mitra adalah sebagai berikut. 1) mengidentifikasi Guru BK yang memerlukan pelatihan konseling, 2) pemberian pelatihan terhadap guru BK yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa: 1) Perubahan perilaku peserta dalam aspek afektif nampak pada perubahan persepsi dan sikap yang semakin membaik terhadap Konseling Sideco dan menunjukkan senang dan tertarik serta mempunyai keinginan mempelajari Konseling Sideco lebih lanjut, 2) Perubahan kemampuan psikomotor peserta dapat dilihat dari dikuasainya tehnik dan ketrampilan yaitu ketrampilan mengidentifikasi siswa yang mengalami mogok sekolah, ketrampilan dalam konseling Sideco.
References
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Carll, Elizabeth K. (2007). Trauma Psychology : Issues In Violence, Disaster, Health, and Illness. United Kingdom : Greenwood Publishing Group, Inc.Cooper et. al, 2007;
Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. 10th. ed. Belmont, CA: Cengange.
Emmerson, G. (2003). Ego-state therapy. Wales; Carmethen,
Goldstein, E. G. (2011). Ego Psychology And Social Work Practice (2nd ed.). NY: The Free Press
Haarman, G. B. (2009). School refusal behavior: Effective techniques to help children who can‟t or won‟t go to school. www. heiselandassoc. com/Mydocs/ Haarman%20 School%20 Refusal. Pdf.
Iglesias, A. & Iglesias, A. (2013). I-95 Phobia Treated With Hypnotic Systematic Desensitization: A Case Report. American Journal of Clinical Hypnosis, 56: 143–151, ISSN: 0002-9157 print / 2160-0562 online DOI: 10.1080/ 00029157. 2013.785930.
Kearney, C. A & Silverman, W.K. (1999). Functionally Based Prescriptive And Nonprescriptive Treatment for Children and Adolescents with School Refusal Behavior. Behavior Therapy. 30: 673–695.
Kearney, C. A. (2007). Forms And Functions Of School Refusal Behavior In Youth: An Empirical Analysis Of Absenteeism Severity. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 48, 53−61.
Kearney, C. A., & Bensaheb, A. (2006). School Absenteeism And School Refusal Behavior: A Review And Suggestions For School-Based Health Professionals. Journal of School Health, 76, 3 – 7.
Lee, M.I & Miltenberger, R.G. (1996); School Refusal Behavior: Classification, Assessment, and Treatment Issues. Education and Treatment of Children Vol. 19, No. 4. 474 – 486.
Monarth, H. & Kase, L. (2007). The Confident Speaker: Beat Your Nerves And Communicate at Your Best in Any Situation. New York, NY: McGraw-Hill.
Poorgholami F. and Fatehi Y. (2014). An Investigation Of The Impact Of The Combination Of Systematic Desensitization And Study-Skills Training On The Reduction Of Students' Test Anxiety. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences. ISSN: 2231– 6345 (Online) (4); 2627 – 2633.
Rajiah, K. (2014). The Effectiveness of Psychoeducation and Systematic Desensitization to Reduce Test Anxiety Among First-year Pharmacy Students. Am J Pharm Educ. 78 (9); 163 – 170.
Shapiro, L. R., Blackford, C., & Chen, C. F. (2002). Eyewitness Memory For a Simulated Misdemeanor Crime: The Role Of Age And Temperament in Suggestibility. Applied Cognitive Psychology, 19, 267–289.
Ventis W. L. (2001). Using Humor in Systematic Desensitization to Reduce Fear. The Journal of Genaral Psychology, 128 (2), 241 – 253.
Watkins, J.G. & Watkins, H. (1997). Ego states: Theory and Practice. New York: Norton.
Wolpe, J. 1982. The Practice Of Behavior Therapy (3rd ed.). New York: Pergamon.