Pelatihan Pengembangan Aplikasi Cap Cut untuk Penguatan Kebhinekaan Global Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Para guru profesional saat ini memanfaatkan aplikasi cap-cut untuk komunikasi massa, belum memanfaatkan untuk pembelajaran inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan berbasis TIK atau PIKEM BATIK. Data awal menunjukkan bahwa para guru masih terbatas pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi cap cut, dan belum pernah mendapatkan pelatihan pengembangan aplikasi cap cut. Guru mempunyai kebutuhan pengetahuan dan keterampilan aplikasi cap cut untuk pembelajaran. Tujuan pelatihan memberikan pengetahuan dan keterampilan analisis, perancangan, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian penerapan aplikasi cap cut dalam P5 secara berkelanjutan dan akuntabel. Pelaksanaan dengan menerapkan metode workshop, diawali dengan pembekalan teori dan praktik pengembangan dan selanjutnya dituntun melalui kegiatan pendampingan berkelanjutan. Pelatihan pengembangan aplikasi Cap Cut untuk pembelajaran penguatan kebhinekaan global bagi guru-guru SD di wilayah Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, memperoleh hasil yang memuaskan dilihat dari 100% peserta pelatihan berhasil membuat animasi CapCut dengan konten Kebhinekaan Global. Presentasi hasil kerja menunjukkan konten tersaji lebih akurat dan menarik secara visual.
References
Aditomo, A., Zulfikri, Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D., Pratiwi, I., . . . Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembelajaran; Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Arthur, J. (2020 ). The Formation of Character in Education: From Aristotle to the 21st Century . New York : Routledge.
Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Bugler, D., Marple, S., Burr, E., Chen-Gaddini, M., & Finkelstein, N. (2017, March -). How Teachers Judge the Quality of Instructional Materials. Retrieved from WestEnd: https://www.wested.org/resources/
Cai, P. (2021 ). Thinking skills development in mobile learning: The case of elementary school students studying environmental studies. Thinking Skills and Creativity 42,100922, 1-9. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100922.
Chiruguru, S. (2020). The Essential Skills of 21st Century Classroom (4Cs) . Research, 1-13, DOI: 10.13140/RG.2.2.36190.59201.
Dewantara, K. H. (1977). Dewantara: bagian pertama PENDIDIKAN. Yogyakata: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Heikkilla, M. (2020). Finnish teachers’ participation in local curriculum development: A Study of processes in five school contexts. Policy Futures in Education, 1-18, DOI: 10.1177/1478210320967816.
Izetti, A. (2023, November 23). Gunakan Berbagai Fitur Utama CapCut Berikut untuk Video Editing. Retrieved from Kelas.Work: https://kelas.wprk/blogs/Gunakan Berbagai Fitur Utama CapCut Berikut untuk Video Editing
Kemdikbudristek RI. (2022). Dimensi, Elemen, Sub-elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek RI.
Kepala BSKAP. (2022, Februari 15). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Keputusan BSKAP tentang Dimensi, Elemen, Sub Elemen PPP. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: BSKAP, Kemdikbudristek.
M. J. Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? . Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 60-70.
Mendikbudristek, RI. (2022, Februari 10). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor 56/M/2022, Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022. Jakarta, DKI Jakarta, Republik Indonesia: Biro Hukum Kemendikbudristek RI.
Mendikbudristek, RI. (2022, Juni 22). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor: 262/M/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurik. Dalam Rangka Pemulihan Pemb. Kepmendikbudristek RI 262/M/2022. Jakarta, DKI Jakarta, Republik Indonesia: Biro Hukum Kendikbudristek RI.
Mishra, D., & Chuang, Y. (2021). Lecture Note in Educational Technology. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.
Mishra, S. K. (2020). Fundamentals of Android App Development. New Delhi: Manish Jain for BPB Publication.
Murtadlo, M., Hazin, M., Roesminingsih, E., & Amalia, K. (2023). Optimalisasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) Dengan Pelatihan Bagi Sekolah Dasar Di Pulau Bawean. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(02), 48–59
Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of Moral and Character Education: Second Edition. New York: Routledge.
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum Foundations, Principles, and Issues: Seventh Edition. Harlow: Pearson Education Limited .
Pike, M., Hart, P., Paul, S.-A. S., Lickona, T., & Clarke, P. (2021). Character development through the curriculum: teaching and assessing the understanding and practice of virtue. Journal of Curriculum Studies, 53:4, 449-466, DOI: 10.1080/00220272.2020.1755996.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU Sisdiknas. Jakarta, DKI Jakarta, Republik Indonesia: Sekretariat Negera Republik Indonesia.
Widiyanah, I., Trihantoyo, S., & Hazin, M. (2024). Pengembangan Model Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Bagi Guru-Guru Di Sekolah Indonesia Singapore. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 3(02), 43–52.
Yani, M. T., Hazin, M., & Wijaya, A. (2023). Pengembangan Kepemimpinan Santri Dan Manajemen Organisasi Melalui Pelatihan Bagi Pengurus Pondok Pesantren. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(02), 22–36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

