PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH INDONESIA SINGAPORE
Abstract
This Community Service aims to facilitate teachers at Indonesian Overseas Schools in Singapore in implementing learning innovations, as well as to assist teachers at Indonesian Overseas Schools in Singapore in improving learning media based on learning technology. This is very important because it provides understanding and develops application skills in learning innovation so that teachers can work professionally and skillfully. Making technology-based book learning media is a very important activity in improving the quality of learning. In order to support these activities, cooperation will be carried out with Indonesian Overseas Schools in Singapore. This activity will be carried out for 2 days and followed up with reflection activities so that classroom management training in implementing the independence curriculum can be implemented by SILN Singapore teachers
References
Anggraeni, D. and Naimah, N. (2022). Strategi stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui maze karpet covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553-2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103
Asmara, A. (2023). Media pembelajaran berbasis teknologi: apakah memiliki pengaruh terhadap peningkatan kreativitas pada anak usia dini?. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253-7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Ayuardini, M. (2023). Pengembangan e-modul interaktif berbasis flipbook pada pembahasan biologi. Faktor Exacta, 15(4), 259. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.14924
Azzam, A. (2022). Pengembangan game edukasi pengenalan nama olahraga berbahasa inggris bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Digit, 12(2), 133. https://doi.org/10.51920/jd.v12i2.290
Bempa, Y. (2023). Pemanfaatan teknologi aplikasi tik tok pada pembelajaran di smp negeri 2 tondano. Jambura Journal Civic Education, 3(1). https://doi.org/10.37905/jacedu.v3i1.20089
Fathoni, K., Hakkun, R., & Pamenang, M. (2020). Rancang bangun aplikasi pembelajaran bahasa inggris untuk anak sd berbasis augmented reality. Circuit Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 73. https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6321
Ghofur, A. and Rachma, E. (2019). Pemanfaatan media digital terhadap indeks minat baca masyarakat kabupaten lamongan. Gulawentah Jurnal Studi Sosial, 4(2), 89. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524
Irsyadi, F., Annas, R., & Kurniawan, Y. (2019). Game edukasi pembelajaran bahasa inggris untuk pengenalan benda-benda di rumah bagi siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78-92. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844
Ismawati, E. (2023). Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan peserta didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 712-720. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.174
Miasari, R., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U., Amalia, U., … & Romli, S. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390
Putra, J., Susilawati, S., & Elhaq, A. (2021). Inovasi pendidikan:konsep dasar,tujuan, prinsip-prinsip dan implikasinya terhadap pai. Tamaddun, 22(1), 23. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.2175
Rahkman, P. (2023). Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis it terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Didika Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 316-326. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24156
Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. Jupiis Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Solikhin, F., Rohiat, S., Ariffiando, N., & Elvia, R. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality kepada guru kimia kota bengkulu sebagai upaya meningkatkan visualisasi 3 dimensi siswa terhadap bentuk molekul. Andromeda Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(2), 26-33. https://doi.org/10.33369/andromeda.v2i2.25111
Suherman, A. (2023). Strategi pengembangan diri: inovasi dunia pendidikan indonesia - sebuah review literasi. Buana Ilmu, 8(1), 106-117. https://doi.org/10.36805/bi.v8i1.6007
Syahroni, M. (2020). Pelatihan implementasi media pembelajaran interaktif guna peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Sapa - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46-58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
ULANDARI, A. (2023). Metode pembelajaran pada pendidikan: inovasi pendidikan guru pembelajaran sejarah.. https://doi.org/10.31237/osf.io/q5vjy
Utami, A. (2019). Dampak negatif adiksi penggunaan smartphone terhadap aspek-aspek akademik personal remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1-14. https://doi.org/10.21009/pip.331.1
Viana, D. (2023). Peranan inovasi pendidikan dalam proses pembelajaran di era teknologi informasi.. https://doi.org/10.31237/osf.io/ac67h
Zen, Z. (2019). Inovasi pendidikan berbasis teknologi informasi : menuju pendidikan masa depan. E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101346
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

