PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH INDONESIA SINGAPORE

Authors

  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

This Community Service aims to facilitate teachers at Indonesian Overseas Schools in Singapore in implementing learning innovations, as well as to assist teachers at Indonesian Overseas Schools in Singapore in improving learning media based on learning technology. This is very important because it provides understanding and develops application skills in learning innovation so that teachers can work professionally and skillfully. Making technology-based book learning media is a very important activity in improving the quality of learning. In order to support these activities, cooperation will be carried out with Indonesian Overseas Schools in Singapore. This activity will be carried out for 2 days and followed up with reflection activities so that classroom management training in implementing the independence curriculum can be implemented by SILN Singapore teachers

References

Anggraeni, D. and Naimah, N. (2022). Strategi stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui maze karpet covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553-2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103

Asmara, A. (2023). Media pembelajaran berbasis teknologi: apakah memiliki pengaruh terhadap peningkatan kreativitas pada anak usia dini?. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253-7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728

Ayuardini, M. (2023). Pengembangan e-modul interaktif berbasis flipbook pada pembahasan biologi. Faktor Exacta, 15(4), 259. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.14924

Azzam, A. (2022). Pengembangan game edukasi pengenalan nama olahraga berbahasa inggris bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Digit, 12(2), 133. https://doi.org/10.51920/jd.v12i2.290

Bempa, Y. (2023). Pemanfaatan teknologi aplikasi tik tok pada pembelajaran di smp negeri 2 tondano. Jambura Journal Civic Education, 3(1). https://doi.org/10.37905/jacedu.v3i1.20089

Fathoni, K., Hakkun, R., & Pamenang, M. (2020). Rancang bangun aplikasi pembelajaran bahasa inggris untuk anak sd berbasis augmented reality. Circuit Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 73. https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6321

Ghofur, A. and Rachma, E. (2019). Pemanfaatan media digital terhadap indeks minat baca masyarakat kabupaten lamongan. Gulawentah Jurnal Studi Sosial, 4(2), 89. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524

Irsyadi, F., Annas, R., & Kurniawan, Y. (2019). Game edukasi pembelajaran bahasa inggris untuk pengenalan benda-benda di rumah bagi siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78-92. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1844

Ismawati, E. (2023). Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan peserta didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 712-720. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.174

Miasari, R., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U., Amalia, U., … & Romli, S. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Putra, J., Susilawati, S., & Elhaq, A. (2021). Inovasi pendidikan:konsep dasar,tujuan, prinsip-prinsip dan implikasinya terhadap pai. Tamaddun, 22(1), 23. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.2175

Rahkman, P. (2023). Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis it terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Didika Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 316-326. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24156

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. Jupiis Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Solikhin, F., Rohiat, S., Ariffiando, N., & Elvia, R. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality kepada guru kimia kota bengkulu sebagai upaya meningkatkan visualisasi 3 dimensi siswa terhadap bentuk molekul. Andromeda Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 2(2), 26-33. https://doi.org/10.33369/andromeda.v2i2.25111

Suherman, A. (2023). Strategi pengembangan diri: inovasi dunia pendidikan indonesia - sebuah review literasi. Buana Ilmu, 8(1), 106-117. https://doi.org/10.36805/bi.v8i1.6007

Syahroni, M. (2020). Pelatihan implementasi media pembelajaran interaktif guna peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Sapa - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46-58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

ULANDARI, A. (2023). Metode pembelajaran pada pendidikan: inovasi pendidikan guru pembelajaran sejarah.. https://doi.org/10.31237/osf.io/q5vjy

Utami, A. (2019). Dampak negatif adiksi penggunaan smartphone terhadap aspek-aspek akademik personal remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1-14. https://doi.org/10.21009/pip.331.1

Viana, D. (2023). Peranan inovasi pendidikan dalam proses pembelajaran di era teknologi informasi.. https://doi.org/10.31237/osf.io/ac67h

Zen, Z. (2019). Inovasi pendidikan berbasis teknologi informasi : menuju pendidikan masa depan. E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101346

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Widiyanah, I., Trihantoyo, S., & Hazin, M. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH INDONESIA SINGAPORE. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 3(02), 43–52. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/36465

Issue

Section

Articles
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 37