Pelatihan Intensif Pembuatan Alat Permainan Edukatif Pada Guru PAUD
Keywords:
peningkatan, alat permainan edukatif, pelatihanAbstract
Kegiatan pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan kompetensi dalam hal membuat alat permainan edukatif. Pendampingan pada pelatihan ini dilakukan secara intensif, dimana peserta akan menghasilkan alat permainan edukatif. Partisipan yang mengikuti pendampingan, yaitu guru Taman Kanak-Kanak se Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Peserta diberikan penjelasan tentang konsep Pendidikan Anak Usia Dini dan pernacangan alat permainan edukatif. Kemudian, peserta melakukan pembimbingan sehingga menghasilkan alat permainan edukatif yang tepat.
References
AH, N. M. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2).
Ambarita, J., Yuniati, E., & Purnamasari, I. (2021). Problematika Orang Tua dalam Menjalankan Perannya sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1358
Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
Fajri, Z., Yasin, M., Masykur, M., & Adi Putra, M. W. (2021). PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3). https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2756
Halida, -. (2015). Meninjau Kompetensi Guru PAUD Lulusan Sarjana PG-PAUD di Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3037
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Harismi, A. (2020). Memahami Pengertian Anak Usia Dini dan Karakteristiknya. Www.Sehatq.Com.
Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). KAJIAN BIBLIKA MENGENAI PENDIDIKAN ANAK DAN HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12
Kusumodestoni, R. H., Zyen, A. K., & MA, Z. A. (2015). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tentang Alat Peraga Edukatif Menggunakan Adobe Flash. Jurnal DISPROTEK, 6(2).
Mustika, N. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
Nadia, H., Hermina, C., & Hamidah, J. (2021). Pemberdayaan Guru PAUD TK ABA Banjarmasin Melalui Keterampilan Big Book Story. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.5264
Nurrohman, A. (2021). Analisis edugame berbasis android sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1).
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2).
Rolina, N. (2009). Global Learning: Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. Liberal Education, March.
Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67
Suyanti, S. (2019). PERAN GURU SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. FOUNDASIA, 10(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27924
Tanu, I. K. (2019). PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DI PAUD DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(2). https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733
Wahyuningrum, T., Prameswari, V. E., & Yulianti, I. (2020). Motivasi Orang Tua Sebagai Determinan Pemberian Stimulasi Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Health Science and Prevention, 4(2). https://doi.org/10.29080/jhsp.v4i2.272