Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Banyuwangi
Keywords:
Pelatihan Kepenulisan , Karya Ilmiah, Hasil PenelitianAbstract
Kualitas dan kuantitas karya ilmiah pendidik dan tenaga kependidikan akan sangat membantu secara tidak langsung dalam pengembangan layanan pendidikan disetiap satuan pendidikan dan secara langsung dapat meningkatkan kualitas diri pendidik dan tenaga kependidikan dalam tataran pengembangan SDM. Metode pelaksanaan dilakukan melalui empat tahap yaitu: tahap yaitu: perencanaan, survey dan kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek kegiatan ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi. Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan secara keseluruhan berjalan dengan baik, lancar dan kondusif serta memperoleh hasil yang “memuaskan” dalam penyelenggaraan sesuai dengan hasil evaluasi pelatihan melalui kuesioner.
Kata Kunci: Pelatihan, Kepenulisan, Karya Ilmiah, Hasil Penelitian
References
Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17.
McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidence-Based Inquiry, MyEducationLab Series. Pearson.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (21st ed.). Alfabeta.
Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal System (OJS). Jurnal Ecogen, 2(4), 596-600.
Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53-61.
Al Idrus, S. W., Anwar, Y. A. S., Hakim, A., & Saprizal, S. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Kimia SMA di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

