Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Windasari Universitas Negeri Surabaya
  • Satria Adi Wisesa Universitas Negeri Surabaya
  • Ellena Ihza Katerina Universitas Negeri Surabaya
  • Adisya Gressyela Saputri Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pelatihan Kepenulisan , Karya Ilmiah, Hasil Penelitian

Abstract

Kualitas dan kuantitas karya ilmiah pendidik dan tenaga kependidikan akan sangat membantu secara tidak langsung dalam pengembangan layanan pendidikan disetiap satuan pendidikan dan secara langsung dapat meningkatkan kualitas diri pendidik dan tenaga kependidikan dalam tataran pengembangan SDM. Metode pelaksanaan dilakukan melalui empat tahap yaitu: tahap yaitu: perencanaan, survey dan kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek kegiatan ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi. Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan secara keseluruhan berjalan dengan baik, lancar dan kondusif serta memperoleh hasil yang “memuaskan” dalam penyelenggaraan sesuai dengan hasil evaluasi pelatihan melalui kuesioner.

Kata Kunci: Pelatihan, Kepenulisan, Karya Ilmiah, Hasil Penelitian

References

Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru-Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17.

Hasanudin, C., Fitrinaingsih, A., Rosyida, F., & Noeruddin, A. (2021). Pelatihan Menulis Artikel untuk Jurnal Nasional Terakreditasi dan Mengirim Melalui Open Journal System (OJS). Indonesian Journal Of Community Service, 1(3), 549–555.

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidence-Based Inquiry, MyEducationLab Series. Pearson.

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34.

Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal System (OJS). Jurnal Ecogen, 2(4), 596-600.

Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53-61.

Al Idrus, S. W., Anwar, Y. A. S., Hakim, A., & Saprizal, S. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Kimia SMA di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1).

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Setiawan, A. C., Karwanto, Haq, M. S., Windasari, Wisesa, S. A. ., Katerina, E. I. ., & Saputri, A. G. . (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Banyuwangi. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(01), 1–11. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/dedicate/article/view/19149

Issue

Section

Articles
Abstract views: 140 , PDF Downloads: 165