The Role of Tourism Awareness on the Innovative Work Behavior of Tlangoh Beach UMKM Actors

Authors

  • Jayaning Sila Astuti Universitas Trunojoyo Madura
  • Rezkiyah Rosyidah Universitas Trunojoyo Madura
  • Ni Putu Rizky Arnani Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v15n01.p61-73

Keywords:

Tourism awareness, Innovative work behavior, UMKM, Sadar wisata, Perilaku kerja inovatif

Abstract

Abstract

Background: Tourism-related UMKM (Micro, Small and Medium Enterprises) have the potential to stimulate local economies. UMKM with innovative ideas for tourist attractions can be of benefit to both individuals and the community. Thus, tourism awareness is the key factor in promoting innovative work behavior among UMKM actors. Objective: This study aims to investigate the impact of tourism awareness on innovative work behavior. Method: This study employs a causality quantitative approach with the population of the study consisting of UMKM actors in the beach tourism of Tlangoh, Bangkalan. The sampling technique employed is saturated sampling. The instruments used were the tourism awareness scale and the innovative work behavior scale. Results: The findings suggest a strong relationship between tourism and innovative work behavior among UMKM actors at Tlangoh Beach. The tourism awareness variable contributed 39.5% to innovative work behavior, while the remaining 60.5% was influenced by other factors.  Conclusion: The study reveals that the UMKM actors need to cultivate and implement tourism awareness on innovative work practices to maintain their business growth and sustainability in the future.

 

Abstrak

Latar Belakang: UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berhubungan dengan pariwisata mempunyai potensi untuk merangsang perekonomian daerah. UMKM dengan ide inovasi tempat wisata dapat memberikan manfaat baik bagi individu maupun masyarakat. Dengan demikian, kesadaran pariwisata menjadi faktor kunci dalam mendorong perilaku kerja inovatif di kalangan pelaku UMKM. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kesadaran pariwisata terhadap perilaku kerja inovatif. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan populasi penelitian terdiri dari para pelaku UMKM wisata pantai Tlangoh, Bangkalan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah skala kesadaran wisata dan skala perilaku kerja inovatif. Hasil: Temuan menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara pariwisata dan perilaku kerja inovatif di kalangan pelaku UMKM di Pantai Tlangoh. Variabel kesadaran berwisata memberikan kontribusi sebesar 39,5% terhadap perilaku kerja inovatif, sedangkan sisanya sebesar 60,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan: Penelitian mengungkapkan bahwa para pelaku UMKM perlu menumbuhkan dan menerapkan kesadaran pariwisata terhadap praktik kerja inovatif untuk mempertahankan pertumbuhan dan keberlanjutan usaha mereka di masa depan.

Author Biographies

Jayaning Sila Astuti, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya

Rezkiyah Rosyidah, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya

Ni Putu Rizky Arnani, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya

References

Afif, N. F. (2021). Peran kelompok sadar wisata (POKDARWIS) dalam memanfaatkan potensi lokal (Studi kasus Pokdarwis Situ Pengasinan, kecamatan Sawangan, Depok) (Publication No. 59308) [Doctoral Dissertation, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59308

Agustina, S. T. (2020). Pengaruh perilaku inovatif pada keberhasilan womenpreneur etnis Madura sebagai pedagang pakaian jadi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(2).

Ancok, D. (2012). Psikologi kepemimpinan dan inovasi. Penerbit Erlangga.

Antimova, R., Nawijn, J., & Peeters, P. (2012). The awareness/attitude-gap in sustainable tourism: A theoretical perspective. Tourism Review, 67(3), 7–16.

Asbari, M., Santoso, P. B., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap perilaku kerja inovatif pada industri 4.0. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 8(1), 7. https://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1562

Bawono, Y., Setyaningsih, Hanim, L. M., Masrifah, & Astuti, J. S. (2020). Budaya dan pernikahan dini di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 24(1), 83–91. https://doi.org/10.26623/jdsb.v21i2.1698

Berliana, V., & Arsanti, T. A. (2018). Analisis pengaruh self-efficacy, kapabilitas, dan perilaku kerja inovatif terhadap kinerja. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 7(2), 149. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.364

Bessant, J., & Tidd, J. (2015). Innovation and entrepreneurship (3rd ed.). John Wiley & Sons Ltd.

Bos-Nehles, A., Renkema, M., & Janssen, M. (2017). HRM and innovative work behaviour: A systematic literature review. In Personnel Review (Vol. 46, Issue 7, pp. 1228–1253). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/PR-09-2016-0257

Cahyaningrum, D. (2017). Community empowerment based local wisdom in tourism of Bajo community, Wakatobi. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(11). https://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-1217-18314

De Jong, J., & Den Hartog, D. (2010). Measuring innovative work behaviour. Creativity and Innovation Management, 19(1), 23–36. https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2010.00547.x

Dewi, M. H. U., Fandeli, C., & Baiquni, M. (2013). Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat lokal di desa wisata Jatiluwih, Tabanan, Bali. Kawistara, 3(2), 117–226.

Rahim, I. F. (2012). Pedoman kelompok sadar wisata. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Etikariena, A. (2020). Peran gaya kepemimpinan pada perilaku kerja inovatif karyawan pada organisasi berbasis teknologi digital. Jurnal Ecopsy, 7(1). https://doi.org/10.20527/ecopsy.v7i1.8426

Faraby, M. E., & Rozy, F. (2021). Potensi Kabupaten Bangkalan menjadi destinasi wisata halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 67. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1649

Fauziah, N. R., & Nasdian, F. T. (2021). Hubungan antara partisipasi masyarakat dengan pemanfaatan digital pada desa wisata (Kasus: Desa wisata Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 05(01), 189–201. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.768

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8–16.

Husodo, P. T. (2021, January 24). Angkatan kerja produktif melimpah. Indonesia.Go.Id. https://www.indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2328/angkatan-kerja-produktif-melimpah

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Laporan kinerja Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tahun 2021. Kementerian Koperasi dan UKM. https://ppid.kemenkopukm.go.id/?page_id=6358

Larsen, P., & Lewis, A. (2007). How award-winning SMEs manage the barriers to innovation. Creativity and Innovation Management, 16(2), 142–151. https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2007.00428.x

Momeni, M., Ebrahimpour, H., & Ajirloo, M. B. (2014). The effect of employees self-efficacy on innovative work behavior at social security organization employees in Ardabil Province. Arabian Journal of Business and Management Review, 3(8).

Pratiwi, M. C. Y. (2020). Peran strategis masyarakat sadar wisata dalam meningkatkan ekonomi kreatif pariwisata (Studi empiris : desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur). Inovasi : Jurnal Politik Dan Kebijakan, 17(1).

Rafsanjani, H. (2019). Kepemimpinan transformasional. Jurnal Masharif al Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(1).

Ratya, M. P. (2021, January 6). Pantai Tlangoh Bangkalan kini jadi destinasi baru wisata keluarga. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-5322560/pantai-tlangoh-bangkalan-kini-jadi-destinasi-baru-wisata-keluarga

Santrock, J. W. (2012). Life-span development, perkembangan masa hidup (13th ed.). Penerbit Erlangga.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. (REP) Riset Ekonomi Pembangunan, 4(1). https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Setyaningsih, Rosyidah, R., Istiqomah, N., Rahmadya, B. S., & Gayatri, D. R. (2022). Optimalisasi sadar wisata melalui pelatihan keterampilan sosial pada remaja sekitar wisata Museum Cakraningrat-Bangkalan. In F. R. S. Edi (Ed.), Tantangan Psikologi dalam Mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pasca Pandemi. CV Progresif.

Sinaga, K., Lubis, S., Sihombing, M., & Dalimunthe, R. F. (2018). Tourism object development in Samosir Regency, Indonesia. In Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal: Vol. I (Issue 3). Online. www.birci-journal.com

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Thamdzir, M., Dailami, & Sianivar, B. (2023). Pelatihan sadar wisata masyarakat desa wisata pandang tak jemu, Kampung Bakau Serip, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Edisi Januari, 1(1). https://jurnal.btp.ac.id/index.php/jurnalkekerwisata/article/view/69/89

Van Niekerk, M., & Saayman, M. (2013). The influences of tourism awareness on the travel patterns and career choices of high school students in South Africa. Tourism Review, 68(4), 19–33. https://doi.org/10.1108/TR-09-2013-0049

Wahyuni, D. (2018). Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Aspirasi, 9(1), 83–100. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Astuti, J. S., Rosyidah, R. ., & Arnani, N. P. R. (2024). The Role of Tourism Awareness on the Innovative Work Behavior of Tlangoh Beach UMKM Actors. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 15(01), 61–73. https://doi.org/10.26740/jptt.v15n01.p61-73
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 63