Positive Family Therapy bagi Remaja Pecandu Narkoba: Catatan Pengalaman Praktik

Authors

  • Salis Yuniardi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v1n1.p34-38

Keywords:

Positive family therapy, remaja, pecandu narkoba

Abstract

Permasalahan pecandu narkoba di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Sebagian besar dari pengguna ternyata adalah usia produktif, dan sebagian besar diantaranya adalah remaja dan dewasa awal. Sejauh ini banyak pendekatan konseling terapi telah diberikan. Namun tingkat efektifitas dan keberhasilannya rendah. Dua penyebab utamanya adalah: pertama, arah pendekatan yang problem focused memicu defends dari klien,serta membangkitkan luka dan  pesimisme. Sementara solusi yang dihasilkan tidak bertahan lama karena sifatnya yang parsial dan hanya œmenambal (repairing). Kedua, pendekatan yang digunakan cenderung melepas klien dari akar keluarganya sementara pada kenyataannya  mereka masih terikat dan tergantung pada keluarganya. Merujuk pada hal tersebut, penulis membangun pendekatan positive family therapy untuk membantu para remaja ataupun dewasa awal pecandu narkoba. Dari pengalaman beberapa klien ternyata pendekatan ini sangat efektif dan rata-rata hanya memerlukan tiga kali sesi terapi. Setelah satu bulan terapi didapat laporan dari beberapa klien maupun keluarga mereka tentang adanya perubahan yang positif.

References

Carr, A. (2004). Positive Psychology. Routledge. New York, USA.

Conoley, C.W, dan Conoley, J.C. (2009). Positive Psychology and Family Therapy. John Wiley & Sons, Inc. New Jersew, USA.

Dayakisni, T, dan Yuniardi, S.Y. (2004). Psikologi Lintas Budaya. UMM Press. Malang, Indonesia.

Pipes, R.B. dan Davenport, S.S. (1990). Introduction to Psychotherapy. Prentice-Hall, Inc. New Jersey, USA.

Seligman, M. E. P., Rashid, T., dan Parks, A. C. (2006). Positive Psychotherapy. Journal American Psychologyst. November 2006.

Seligman, M. E. P. (2008). Positive Health. Journal of Applied Pschology, 57, 3-18.

Data Kasus Narkoba (2009). www. bnn. org. id.

Downloads

Published

2010-08-31

How to Cite

Yuniardi, S. (2010). Positive Family Therapy bagi Remaja Pecandu Narkoba: Catatan Pengalaman Praktik. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.26740/jptt.v1n1.p34-38
Abstract views: 476 , PDF Downloads: 798