Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk Meningkatkan Kemampuan Remaja dalam Menjalin Persahabatan

Authors

  • Retno Tri Hariastuti Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v2n2.p135-140

Keywords:

Persahabatan, bimbingan kelompok, teknik peer group, remaja, panti asuhan

Abstract

This study was conducted to examine the effectiveness of group guidance with peer group technique to improve friendship-making ability among adolescents who live in an orphanage institution. An experimental method with one group pre-test and post-test design was used. Forty young female teenagers who lived in Khoiriyah Hasyim orphanage institution in Surabaya were involved in the experiment. The subjects were chosen based on the pre-survey data collected using a questionnaire that shows the lack of their abilities in making friendship. Data were analysed using t-test. The result suggested that group guidance with peer group technique can improves adolescents friendship-making ability in the context of orphanage environments.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pengaruh bim-bingan kelompok dengan teknik peer group untuk meningkatkan  kemampuan menjalin persahabatan di kalangan remaja yang tinggal di sebuah yayasan panti asuhan. Metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test  digu-nakan. Empat puluh remaja perempuan di panti asuhan Khoiriyah Hasyim  Surabaya dilibatkan dalam eksperimen tersebut. Partisipan penelitian dipilih berdasarkan data pra-survei yang dikumpulkan melalui angket yang menunjukkan kurangnya kemampuan mereka dalam menjalin persahabatan dalam kelompok sebaya. Data dianalisis  menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok bim-bingan dengan teknik peer group dapat meningkatkan persahabatan  kemam-puan membuat remaja di  lingkungan panti asuhan.

References

Azwar, S. (2005). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Gander, M.J & Gardiner, H.W. (1981). Child and Adocescent Development. Boston: Brown & Co.

Haber A. & Runyon, R.P. (1984). Psycology of Adjustment. Illnois: The Dorsey Press.

Hurlock, E.B. (1992). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kahairuddin, H. (1985). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Nur Cahya.

McGinnis, A.L. (1997). Faktor Dalam Persahabatan (Penerjemah Maria
Irawati). Yayasan Media Buana Indonesia. Metanoia.

Prayitno. (1998). Konseling Pancawaskita. Padang: FIP UPI

Santosa, S. (1999). Dinamika Kelompok. Cet. ke II. Jakarta: Bumi Aksara

Shechtman, Z., Freidman, Y., Kashti, Y., and Sharabany, R. (2002). Group Counseling to Enhance Adolescents' Close Friendships. International Journal of Group Psychotherapy, 52 (4): 537-553.

Downloads

Published

2012-02-19

How to Cite

Hariastuti, R. T. (2012). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk Meningkatkan Kemampuan Remaja dalam Menjalin Persahabatan. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2(2), 135–140. https://doi.org/10.26740/jptt.v2n2.p135-140
Abstract views: 1554 , PDF Downloads: 470