DEVELOPMENT OF MODULE DISASTER MITIGATION BASED ON STEM FOR SECONDARY SCHOOLS

Authors

  • Kiki Septaria Universitas Islam Lamongan
  • Binar Ayu Dewanti Universitas Islam Lamongan
  • Mimid Iza El Afidah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v5n2.p61-68

Keywords:

Mitigasi Bencana, Covid-19, Modul, IPA, STEM.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengembangkan dan menghasilkan modul mitigasi bencana Covid-19 berbasis STEM yang valid, menarik dan efektif. Modul mitigasi bencana berbasis STEM pada pembelajarn IPA yang dikembangkan bertujuan untuk mengedukasi siswa dalam kesiapsiagaan bencana yang sewaktu-waktu bisa tejadi dimanapun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai juni 2020 dengan subyek penelitian yaitu ahli Bahasa, ahli materi, ahli media serta 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maduran. Model pengembangan yang dilakukan oleh penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan, namun peneliti hanya sampai tahap ke 9. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul mitigasi bencana berturut-turut sebesar 92.5%, 97.5%, dan 97.5% dengan rata-rata hasil validasi sebesar 95.75% yang terkategori sangan valid, persentase kemenarikan sebesar 90% yang termasuk sangat menarik dan hasil belajar siswa apabila dihitung menggunakan N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0.6 dengan kriteria peningkatan sedang. Produk modul mitigasi bencana yang dikembangkan dapat dikatakan sangat valid, menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan jumlah sample yang lebih banyak dan beragam untuk mengetahui reliabilitas yang lebih akurat.

Author Biographies

Kiki Septaria, Universitas Islam Lamongan

Program Studi Pendidikan IPA

Binar Ayu Dewanti, Universitas Islam Lamongan

Program Studi Pendidikan IPA

Mimid Iza El Afidah, Universitas Islam Lamongan

Program Studi Pendidikan IPA

References

<p>Afkar. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PENGEMBANGAN 4-D PADA MATERI MITIGASI BENCANA DAN ADAPTASI BENCANA KELAS X SMA. JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI, 135-147 .</p><p>Almuharomah, F. A. (2019 ). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal œBeduk untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP . Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika , 1-10 Vol 7 No 1 .</p><p>Bencana, B. N. (2019, Juni Monday). Data Informasi Bencana Indonesia. Retrieved from Badan Nasional Penanggulangan Bencana: http://bnpb.cloud/dibi/tabel1a</p><p>Chrisyarani, D. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK . Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 206-212.</p><p>Erianjoni. (2017). PENGEMBANGAN MATERI AJAR SOSIOLOGI TENTANG MITIGASI BENCANA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KOTA PADANG. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education , 96-107.</p><p>Farida, M. (2019). Sosialisasi Bencana Geologi dan Mitigasinya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah Makassar . TEPAT Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat , 66-73.</p><p>Gall, B. d. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc .</p><p>Hasanah, I. (2016). PENGEMBANGAN MODUL MITIGASI BENCANA BERBASIS POTENSI LOKAL YANG TERINTEGRASI DALAM PELAJARAN IPA di SMP . Jurnal Pembelajaran Fisika, 226-234.</p><p>Ismail, I. ( 2016). Efektivitas Virtual Lab Berbasis STEM dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Perbedaan Gender . Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 190-201.</p><p>Jauhariyyah. (2018). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM (pp. 423-436). Malang: Pendidikan IPA Pascasarjana UM.</p><p>Kemendikbud. (2018). Materi Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.</p><p>Kurniawan, R. (2017). GEMPA: Game Edukasi sebagai Media Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi bagi Anak Autis . , Vol. 6, No. 2, Mei 2017 , 174-183.</p><p>Meviana, I. (2019 ). PENGEMBANGAN BUKU TEKS MITIGASI BENCANA PADA MATERI ERUPSI GUNUNG API DI SDN PENATARAN 01 KABUPATEN BLITAR . JPIPS : JURNAL PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL , 114-126 .</p><p>Parmin. (2012). PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR IPA BERBASIS HASIL PENELITIAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8-15.</p><p>Putri, N. A. (2019). Pendidikan Mitigasi Bencana Tsunami dengan Menggunakan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Masyarakat Pesisir Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Edu Geography , 72-79.</p><p>Rifai, M. H. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MITIGASI BENCANA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI . Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 62-69.</p><p>Sarnita, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra. Jurnal Pendidikan MIPA, 38-44.</p><p>Septaria, K. (2019). implementasi Metode Pembelajaran Spot Capturing Pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 27-37.</p><p>Septaria, K. (2019). Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 247-256.</p><p>Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa . Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika , 133-137.</p><p>Sudirman. (2018). PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH GELOMBANG BERBASIS STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA . Jurnal inovasi dan pembelajaran Fisika (JIPF), 134-140.</p><p>Sugianto, S. D. (2018). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM PADA MATERI TEKANAN . Journal of Natural Science Education Reseach, 28-39.</p><p>Suwaryo, P. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. The 6th University Research Colloquium 2017 (pp. 305-314). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.</p><p>Taslim, R. K. (2017). PENGEMBANGAN BUKU TEKS PELAJARAN IPA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2017 (pp. 1-7). Jember: Universitas Jember.</p><p>W, K. A. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TERINTEGRASI KEWIRAUSAHAAN, PENDEKATAN STEM DAN PBL. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN KIMIA , 56-64.</p><p>Wedyawati, N. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TERHADAP HASIL BELAJAR . Jurnal Edukasi, 261-273.</p><p>Yasa, A. D. (2018). PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS STM (SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT) . Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD , 21-26.</p><p>Zainudin. (2019). Development of Science Module Based on Disaster Mitigation Based on Disaster Mitigation Using Eruption Software . Kasuari: Physics Education Journal, 49-61.</p><p>Zakwandi, R. (2018). Profil Literasi Fisika Siswa Madrasah Terhadap Mitigasi Bencana Erosi Batang Sinamar . BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam , 47-57.</p>

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Septaria, K., Dewanti, B. A., & El Afidah, M. I. (2020). DEVELOPMENT OF MODULE DISASTER MITIGATION BASED ON STEM FOR SECONDARY SCHOOLS. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 5(2), 61–68. https://doi.org/10.26740/jppipa.v5n2.p61-68
Abstract views: 1072 , PDF Downloads: 689