ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP/MTS

Authors

  • Nur Achmad Prihantoro Universitas Negeri Surabaya
  • Warsono Warsono Universitas Negeri Surabaya
  • Sunarto Sunarto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p1-10

Keywords:

Analisis Isi, buku teks pelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku teks pelajaran melalui analisis isi pada buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Alasan menggunakan metode analisis isi adalah bahwa peneliti ingin mengungkapkan tentang kelayakan sebuah buku teks pelajaran IPS yang  diterbitkan oleh penerbit diluar Kementerian pendidikan dan kebudayaan apakah sudah sesuai dengan standar kelayakan dari BSNP, yang terdiri dari kelayakan materi/isi, kelayakan penyajian, kelayakan Bahasa, dan kelayakan kegrafikaan. Selain itu peneliti ingin mendeskripsikan apakah materi dalam buku tersebut sudah sesuai dengan kriteria keterpaduan dalam pembelajaran IPS. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut:  aspek kelayakan isi, uraian materi sudah sesuai dengan KI dan KD, keakuratan materi,kemutakhiran materi, mendorong keingintahuan, dan peluasan wawasan sudah dengan standar kelayakan dari BSNP. Aspek kelayakan penyajian yang terdiri dari teknik penyajian, pendukung penyajian, dan penyajian pembelajaran sudah sesuai dengan standar kelayakan. Sedangkan untuk aspek kelayakan Bahasa sebagian besar sudah layak dan aspek yang keempat yaitu kegrafikaan, mulai dari ukuran buku, desain kulit buku dan desain isi buku, juga telah memenuhi standar kelayakan kegrafikan yang telah ditentukan oleh BSNP. Materi yang terdapat pada buku tersebut juga sudah sesuai dengan kaidah keterpaduan dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs terbitan Platinum sudah sesuai dengan standar kelayakan dari BSNP dan layak dipakai di sekolah-sekolah, namun masih memerlukan sedikit perbaikan pada beberapa bagian.

Author Biographies

Nur Achmad Prihantoro, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Warsono Warsono, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Sunarto Sunarto, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

References

Adisendjaja. Y.H & Romlah, O. (2011). Analisis buku ajar sains berdasarkan literasi ilmiah sebagai dasar untuk memilih buku ajar sains (biologi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
A.Goltash, M. Salehi, A. Bazrafshan, & S. Mohammadjani. (2014). œA critical analysis of the progressive citizenship education approach in social studies textbooks in the iranian middle school. International Journal of Humanities and Manajemen sciences. Vol 2 No. 2, pp. 58-60.
Ahour, T., Towhidiyan, B., &Saeidi, M. (2014). œThe evaluation of œenglish textbook 2 taught in iranian high schools from teachers perspectives. English Language Teaching. Vol. 7, No. 3.
Al-Ghazo, A., &Smadi, O.M. (2013). œA content analysis of the english reading text's authenticity in students book of action pack eleven in jordan. European Scientific Journal. Vol.9, No.29.
Azarfam, A.A.Y. (2014). œEvaluating an english textbook for aplication in iranianefl academic context. Theori and Practice in Language Studies. Vol. 4, 3, pp. 618-623.
Bahare Babaei, & Ali Abdi. (2014). œTextbooks content analysis of social studies and natural sciences of secondary school based on emotional intelligence components. Universal Journal of Educational Research.Vol 2 No. 4, pp. 309-325.
B. Salmani, R. Hakimzadeh, M. Asgari& S.A. Khaleghinezhad. (2015) œEnvironmental education in iranian school curriculum, a content analyses of social studies and science textbooks. International Journal Environmet Research. Vol 9 . 1 Winter 2015, pp. 151-156.
Bryd, P. (2001). Textbook: evaluation for selection and analysis for implementation. Dalam Murcia, M.C (Ed), Teaching English as a second or foregn language 3rded (pp. 416-418). Boston: Heinle&Heinle.
BSNP. (2006). Model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk sekolah menengah pertama. Jakarta : BSNP.
Gabrielatos, C. (2004). Session plan: the coursbook as a flexible tool. Dalam IATPL Teacher Trainers and Educators SIG Newsletter I/2004 (pp28- 31)diambil pada tanggal 1 Maret 2015 dari http://www.gabrielatos.com.//CB-Use-TTED.Pdf
Fajar, A. (2005). Portofolio dalam pembelajaran ips. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Harmer, J. (2007). The practice of english language teaching 4 th ed. London: Longman.
Hedgcock, J.J & Ferris, D.R. (2009). Teaching readers of english. student text and context. New York: Madison Ave.

Igbaria, A.K (2013) .A content analysis of the wh- questions in the efl textbook of horizons. International Education Studies. Vol. 6, No. 7.
Kemendikbud. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 54, tahun 2013, tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah.
___________. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 67, tahun 2013, tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Header halaman genap: Nama Jurnal. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012, 0 - 216

Khus Bakht Hina, Muhammad Ajmal, Fazarul Rahman, &Nabi Bux Jumani. (2011). œState of citizenhip education: a case study from pakistan. International Journal Of Humanities and Social Science. Vol 1 No. 2, pp. 37-43.
Krippendorf, K. (2004). Content analysis: an introduction to its methodology, (Ed). Thousand Oaks: Sage Publication Ltd.
Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Marzieh Shujahuddini Bazanjani, Firoz Rezayian, Abbas Anarinezhad, &Tahereh Nasabpour Molaei (2015). œThe content analysis of the elementary school social civics textbooks regarding the components of citizenship education. Sai Om Journal of Art & Education. Vol 1 No. 12, pp. 28-37.
Mulhayati, B. (2014). Analisis buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas iv sekolah dasar. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia.
Muslich, M. (2010). Text book writing: dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasution. (2011). Kajian pembelajaran ips di sekolah. Surabaya: Unesa University Press.
NCSS. (1994). Expectation of excellence: curriculum standards for social studies. Washington: NCSS.
Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2010 Tentang pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Rennie J. Moon &Jeong Woo Koo. (2011). œGlobal citizenship and human right: analysis of social studies and ethnic textbooks in the republic of korea. Comparative and International Education Society. Vol 55 No. 4, pp. 574-596.
Safdar R. Ghazi, Gulap Shahzada, Ismail Khan, M. Nauman Shabbir, & M. Tahir Shah. (2011). œContent analysis of textbooks of social and pakistan studies for religious tolerance in pakistan. Asian Social Science. Vol 7 No.5, pp. 124-149.
Sapriya. (2009). Pendidikan ips: konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sitepu, B.P, (2012). Penulisan buku teks pelajaran, Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Sumantri, M. N. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan ips. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H.G. dan Djago Tarigan. (2009). Telaah buku teks bahasa indonesia. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun KBBI. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wina Sanjaya. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Published

2017-11-14

How to Cite

Prihantoro, N. A., Warsono, W., & Sunarto, S. (2017). ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP/MTS. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p1-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 6832 , PDF Downloads: 2053