The Increasing Empathetic Social Intelligence Through Values ??Clarification Techniques in Social Studies Learning at SMP Negeri 29 Bandung City
DOI:
https://doi.org/10.26740/ijss.v6n2.p35-50Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap berempati siswa pada saat peneliti melakukan observasi awal, dimana kelas VII-A merupakan salah satu kelas yang memiliki beberapa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Kecerdasan sosial berempati menjadi sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh siswa salah satunya melalui pembelajaran IPS. Kecerdasan sosial dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan moral manusia sebagai makhluk sosial yang berakal, berbudi pekerti luhur, beriman, dan berakhlak mulia. Pendekatan yang efektif untuk menanamkan nilai berempati adalah melalui Value Clarification Technique yang bertujuan untuk mengukur tingkat kesadaran siswa tentang nilai berempati dan menanamkan nilai tersebut dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan kecerdasan sosial berempati siswa melalui Value Clarification Technique dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak 3 siklus yang terdiri dari 4 tindakan setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas VII-A SMP Negeri 29 Bandung mengalami adanya peningkatan kecerdasan sosial berempati yang mencapai kategori baik.
References
Amri, Sofan. Iif Khoiru Ahmadi. (2016). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Carnegie, D. (2021). How to Win Friends and Influence People (7th ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran : 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad, Ed.; 1st ed.). CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.
Faliyandra, F. (2019). Tri Pusat Kecerdasan Sosial Membangun Hubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan di Era Teknologi (1st ed.). Literasi Nusantara Abadi.
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.
Goleman, Daniel, 2015, Kecerdasan Sosial (Social Intelligence), Cetakan Pertama, Diterjemahkan Hariro S. Imam, Kajarta: PT Gramedia Pustaka Utama.Wahidmurni. (2017).
Larasati, T. (2018). Pembelajaran Value Clarification Technique Untuk Keaktifan Dan Menanamkan Karakter Dalam Pembahasan Suku Bangsa Dan Budaya. PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2951
Neuman, W. L. (2015). Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7th ed.). PT Indeks Jakarta.
Ningrum, A. (2016). PENTINGNYA KECERDASAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT. http://www.kompas.com
Nurdin, M. N., & Fakhri, N. (2020). Perbedaan Empati Kognitif Dan Empati Afektif Pada Remaja Laki-Laki Dan Perempuan. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 11. https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13199
Patimah, L., & Herlambang, Y. T. (2021). Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE). PEMBELAJAR: Jurnal
Rochima, R. (2020). HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KRISNA KECAMATAN SELOPAMPANG TEMANGGUNG.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, N. (2013). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model Value Clarification Technique. Paramita: Historical Studies Journal, 23(2).
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. Bandung : Cipustaka Media).
Tyas, S. P., & Mawardi, M. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Dalam Mengembangkan Sikap Siswa. Satya Widya, 32(2), 103. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p103-116
Winangsih, W., Yuniarti, L., & Aprianti, E. (2018). Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Mendongeng Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 42. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p42-47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

