The Analisis Pola Belajar Dan Strategi Academic Self Management Dalam Menyelesaian Skripsi Tepat Waktu
(Studi Kasus Mahasiswa Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang)
DOI:
https://doi.org/10.26740/ijss.v7n1.p182-195Abstract
Abstrak
Mahasiswa dinyatakan lulus jika telah menempuh seluruh beban belajar yang ditetapkan. Ketepatan waktu lulus mahasiswa apabila dapat menyelesaikan studi mereka kurang atau sama dengan waktu empat tahun. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola belajar dan strategi academic self management mahasiswa dalam proses penyelesaian skripsi secara tepat waktu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan studi kasus. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek menerapkan pola belajar meliputi: 1) belajar mandiri, 2) belajar diskusi, dan 3) belajar terbimbing oleh dosen. Sedangkan strategi yang digunakan yakni strategi academic self management dengan fokus pada: 1) motivasi diri, 2) metode belajar, 3) penggunaan waktu, 4) lingkungan fisik dan sosial, serta 5) evaluasi diri.
Kata Kunci: Mahasiswa, Pola Belajar, Academic Self Management
Abstract
Students are declared to have graduated if they have taken the entire specified learning load. Students graduate on time if they can complete their studies in less than or equal to four years. The purpose of the research is to find out the learning patterns and academic self-management strategies of students in the process of completing the thesis in a timely manner. This research is a descriptive qualitative research with data collection of observation, interviews, and documentation. The research design used is a case study. Data analysis uses an interactive model, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The data validity test uses the triangulation method. The results showed that students at Sabilurrosyad Gasek Islamic Boarding School apply learning patterns including: 1) independent learning, 2) discussion learning, and 3) guided learning by lecturers. While the strategy used is the academic self management strategy with a focus on: 1) self-motivation, 2) learning methods, 3) use of time, 4) physical and social environment, and 5) self-evaluation.
Keywords: Students, Learning Pattern, Acdemic Self Management
References
Amaliati, A., Ellyawati, N., & Rahayu, V. P. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.906
BPS. (2023). Statistik Indonesia 2023. Statistik Indonesia 2023, 1101001, 790.
Dembo, M. H. (2013). Motivation and learning strategies for college success: A self-management approach, third edition. In Motivation and Learning Strategies for College Success: A Self-Management Approach, Third Edition. https://doi.org/10.4324/9780203823149
Fauziyah, P. R. (2019). Preferensi Dan Gaya Hidup Mahasiswa Sebagai Kelompok Digital Native Dalam Pemilihan Tempat Belajar. Universitas Airlangga, 19.
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Haq, V. A. Al. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pg-Paud Fkip UMS.
Indah, M. (2022). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Uin Raden Intan Lampung.
Kintama, A. Y., Larasati, D. A., & Yuliana, L. (2021). Bimbingan Skripsi Daring Selama Pademi COVID-19 pada Mahasiswa PGSD UWKS : Hambatan dan Solusi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.928
Pambudhi, Y. A., Marhan, C., Fajriah, L., & Abas, M. (2022). Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 110. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.22315
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions.
Sriwahyuni, Salemuddin, M. R., & Makasar, S. M. R. (2019). Strategi Belajar Siswa Berprestasi di Sma Negeri 17 Makassar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1, 188. https://doi.org/10.35329/jp.v1i2.575
Sudiyanto. (2014). Evaluasi diri mahasiswa terhadap kompetensi yang dimiliki.
Sugitanata, A., Pratiwi, N., Karimullah, S. S., & Aminah, S. (2024). Konflik Peran Mahasiswa Semester Akhir: Antara Menyelesaikan Tugas Akhir dan Pernikahan. 10(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono - 2015.pdf (p. 346).
Suryanto, A. (2021). Pola Belajar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang Bekerja Paruh Waktu.
Umriana, A. (2020). Analisis Faktor-faktor Penghambat Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Walisongo Semarang. At-Taqaddum, 11(2), 186. https://doi.org/10.21580/at.v11i2.4566
White, E. (2009). Student perspectives of peer assessment for learning in a public speaking course. Asian EFL Journal, 33(1), 1-36.
Widarto. (2017). Faktor Penghambat Studi Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. JURNAL DINAMIKA VOKASIONAL TEKNIK MESIN, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.16001
Wulandari, R., Ridlo, S., & Isnaeni, W. (2021). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 8. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p8-15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

