Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Wanti Nur Jadidah Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/ijss.v6n1.p131-145

Abstract

Guru merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam proses pendidikan. Salah satu faktor penting dalam menentukan prestasi belajar siswa adalah variasi gaya mengajar guru, apabila seorang guru memiliki variasi gaya mengajar yang baik maka prestasi belajar siswa juga akan menjadi lebih baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs Swasta Darul Ihsan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Swasta Darul Ihsan yang berjumlah 756 siswa, sedangkan populasi berjumlah 262 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket dengan menggunakan skala likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisi data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara variasi gaya mengajar guru dengan prestasi belajar siswa 0,468 yang berarti terdapat korelasi sedang. Nilai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 21%, artinya variasi gaya mengajar guru memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 21%. Sedangkan nilai hasil koefisien regresi sebesar 0,355 dan nilai konstanta sebesar 51,372.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Delima, Rustiyarso, & Salim, I. (2015). Persepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Sosiolog di SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11).

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas (2003).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas (2005).

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Inisiator. Semarang : Rosail Media Group.

Yani, A. (2013). Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: CV. Pringgadani.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Wanti Nur Jadidah. (2024). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. The Indonesian Journal of Social Studies, 6(1), 131–145. https://doi.org/10.26740/ijss.v6n1.p131-145

Issue

Section

Articles
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 10