Pengaruh Project-Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Penurunan Social Loafing Kelas 7 SMP Negeri 29 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.26740/ijss.v7n1.p13-24Abstract
Pembelajaran berbasis proyek direkomendasikan pada kurikulum merdeka dengan kegiatan belajar mengajar yang dirancang untuk membuat guru dan siswa terlibat aktif. Kekhawatiran lain muncul dalam penerapan metode pembelajaran berbasis proyek yaitu adanya social loafing atau pemalasan sosial yang ditandai dengan usaha individu yang tidak maksimal mengerjakan tugas di dalam kelompok. Tujuan penelitian ini mencari pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap penurunan social loafing siswa dalam mata pelajaran IPS kelas 7 di SMP Negeri 29 Bandung dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode korelasional. Peneliti menggunakan instrumen atau penyebaran angket kepada sampel sebesar 170 orang yang tersebar di kelas VII menggunakan teknik probability sampling. Hasil pengolahan data dari penelitian ini mengandung arti bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan project-based learning terhadap penurunan social loafing. Pengaruh project-based learning berkontribusi sebesar 56.4% terhadap penurunan social loafing di SMP Negeri 29 Bandung dan sisanya sebesar 43.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan social loafing di dalam kelas.
References
Stouten, J., & Liden, R. C. (2019). Social loafing in organizational work groups: The mitigating effect of servant leadership. In Individual Motivation within Groups: Social Loafing and Motivation Gains in Work, Academic, and Sports Teams (Issue 1913). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-849867-5.00002-1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

