Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa Inggris Berkarakteristik Introvert

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p49-58

Keywords:

speaking, karakteristik introvert, strategi pengajaran.

Abstract

Karakteristik dan kepribadian siswa dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam berkomunikasi. Beberapa ahli menyatakan bahwa dua karakter utama siswa dalam pembelajaran bahasa, yaitu ekstrovert dan introvert, adalah karakter yang saling bertentangan. Dalam hal ini, karakteristik ini dapat mempengaruhi kompetensi komunikasi siswa karena perberbedaan motivasi dan egoisme antara ekstrovert dan introvert. Pada dasarnya, kepribadian siswa dapat membantu pola belajar mereka mencapai keberhasilan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, para guru disarankan untuk mengetahui karakter peserta didiknya, karena dengan mengetahui kepribadian mereka, para guru akan dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada proses belajar mengajar di kelas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terkait proses belajar mengajar dan strategi yang diterapkan para guru Bahasa Inggris kepada para siswa yang mempunyai karakteristik kepribadian introvert di kelas speaking.

Author Biography

M. Arif Rahman Rahman Hakim, InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Dosen tetap di Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu sejak 2015.

References

<p>Al-Jarf, R., 2012. Chapter Six Mobile Technology and Student Autonomy in Oral Skill Acquisition. <em>Left to My Own Devices: Learner Autonomy and Mobile-Assisted Language Learning</em>, <em>6</em>, p.105</p><p>Al-Nassar, S.F. 2010. Reading strategy awareness of first year students. Student evaluation checklist University of Leeds, College of Education.</p><p>Bilbrough, N., 2007. <em>Dialogue activities</em>. Cambridge University Press.</p><p>Brown, G., Gillian, B. and Yule, G., 1999. <em>Teaching the spoken language</em> (Vol. 2). Cambridge: Cambridge University Press</p><p>Brown, H.D., 2000. Principles of language learning and teaching. Addison WesleyLongman. <em>Inc.[AC]</em></p><p>Collie, J. and Stephen, S. 2006. Speaking Students Book. Cambridge: Cambridge University Press</p><p>Fosnot, C.T., 2013. <em>Constructivism: Theory, perspectives, and practice</em>. New York: Teachers College Press</p><p>Friedman, H.S. and Schustack, M.W. eds., 2001. <em>Readings in personality: Classic theories and modern research</em>. Boston: Allyn and Bacon</p><p>Hakim, M.A.R., 2015. Experienced EFL teachers challenges and strategies in teaching speaking for introvert students. <em>European Journal of Social Sciences</em>, <em>48</em>(4), pp.437-446</p><p>Hakim, M.A.R., 2017. Teachers Strategies in Teaching Speaking Lesson on Introvert Students in Madrasah Aliyah (MA) Ja-Alhaq Bengkulu. <em>Madania: Jurnal Kajian Keislaman</em>, <em>21</em>(1), pp.23-30</p><p>Harmer, J., 2007. <em>The practice of English language teaching</em>. Harlow: Pearson Longman.</p><p>Huda, M., 2011. <em>Cooperative learning</em> (Vol. 113). Yogyakarta: Pustaka Pelajar</p><p>Isjoni, H., 2013. Cooperative Learning efektifitas pembelajaran kelompok. <em>Bandung: Alfabeta</em></p><p>Leo, S., 2013. A Challenging Book to Practice Teaching in English. <em>Yogyakarta: Penerbit Andi</em></p><p>Murray, D.E. and Christison, M., 2010. What English language teachers need to know: understanding learning, Vol 1. New York: Rotledge, 2010</p><p>Olson, M.H. and Hergenhahn, B.R., 2010. <em>An introduction to theories of personality</em>. London: Pearson Education</p><p>O'Donnell, A.M. and O'Kelly, J., 1994. Learning from peers: Beyond the rhetoric of positive results. <em>Educational Psychology Review</em>, <em>6</em>(4), pp.321-349</p><p>Rauch, J., 2003. Caring for your introvert. <em>The Atlantic, March</em></p><p>Santrock, J.W. 2014. <em>Educational Psychology</em>. New York: McGraw Hill.Sudrajat, A., 2011. Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru. <em>Yogyakarta: Paramitra Publishing</em></p><p>Sunartyo, N., 2008. Kupas Tuntas Psikotes. Jogjakarta: Diva Press</p><p>Suprijono, A., 2009. <em>Cooperative learning: teori &amp; aplikasi PAIKEM</em>. Yogyakarta: Pustaka Pelajar</p><p>Thornbury, S., 2005. <em>How to teach speaking</em>. Longman</p><p>Tillit, B. and Bruder, M.N., 1999. Speaking naturally. Cambridge: <em>Cambridge Univer</em></p><p>Wardani, K., 2010, November. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In <em>Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &amp;UPSI</em> (pp. 8-10)</p>

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Hakim, M. A. R. R. (2019). Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa Inggris Berkarakteristik Introvert. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p49-58
Abstract views: 3826 , PDF Downloads: 3545