Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • April Lia Rahmayani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Keywords:

Discovery Learning, Video, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media video tehadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gemah. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gemah yang terdiri dari 40 siswa dengan menggunakan teknik sampling yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dan wawancara.

Author Biography

April Lia Rahmayani, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Univeritas PGRI Semarang Angkatan Tahun 2015

References

<p>Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.    Jakarta: Rineka Cipta</p><p>__________________2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara</p><p>Arsyad, A. 2014.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.</p><p>Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.</p><p>Budiningsih, Asri. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.</p><p>Cahyo N, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Pres.</p><p>Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.</p><p>Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.</p><p>Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Jaya.</p><p>Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensido.</p><p>Kemendikbud.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2013. Tentang Kurikulum 2013</p><p>Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya</p><p>Purwanto. 2014. Hasil Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.</p><p>Putrayasa, Made, Dkk. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesha PGSD. Vol. 2 No.1.</p><p>Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.</p><p>Shanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.</p><p>Shoimin, Aries. 2014. 68 Mode PEmbelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Slameto. 2010. Belajar dan Faktpr-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakaeta: Rineka Cipta.</p><p>Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005.Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.</p><p>Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.</p><p>Susanto, A. 2016.Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Grup</p><p>Thobroni. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.</p><p>Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroirientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.</p>

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 4(1), 59–62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Abstract views: 11773 , PDF Downloads: 9671