Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Interaksi Sosial Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)

Authors

  • . Juliastuti

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p32-39

Keywords:

Team Assisted Individualization (TAI), Achievement, IPS

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPS di SMPN 33 Surabaya Kota Surabaya, diperoleh bahwa nilai rata-rata penguasaan materi siswa kelas X1 pada materi Interaksi Sosial tahun pelajaran 2012/2013 masih rendah. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dan penguasaan materi Interaksi Sosial adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas siswa; (2) penguasaan materi siswa dari siklus ke siklus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan materi interaksi sosial yang diperoleh melalui tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I 65,63%, siklus II 100%.

                                                                                                      

Abstract

Based on observations and interviews with a social studies teacher at SMPN 33 Surabaya Surabaya, found that the average value of students' mastery of the material in the material class X1 Social Interaction in the academic year 2012/2013 is still low. Activities relevant to the learning of students is low. One effort to increase student activity and mastery of Social Interaction is to implement cooperative learning model type TAI (Team Asissted Individualization). The purpose of this study was to describe the use of cooperative learning TAI to increase the percentage of the average: (1) each type of student activity; (2) The students' mastery of the material from cycle to cycle. This research is a class act who performed three cycles. Data of this study consisted of qualitative data, ie data on the activity of the student task derived from the observation sheets, as well as quantitative data such as the value of social interaction mastery of the material obtained through formative tests. The results of this study indicate that the use of cooperative learning model has a positive impact in improving student achievement marked by increased mastery learning students in each cycle, ie 65.63% the first cycle, the second cycle of 100%

 

References

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (Pcll\d\My % Document\Coop % 20 Report

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar IPS. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar IPS. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2016-04-30
Abstract View: 292