Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Sequenced Tema Berbagai Pekerjaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Inggar Drasnitya Vidianto SDN Tambaksumur Waru-Sidoarjo
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p92-96

Keywords:

model pembelajaran tipe terpadu, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran terpadu model sequenced pada tema berbagai pekerjaan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN Tambak Sumur Kecamatan Waru. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan yang bertujuan mengembangkan perangkat dengan mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan (1974) yang dimodifikasi menjadi 3-D dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Data hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil validasi perangkat pembelajaran berkatogori baik dan dapat digunakan dengan revisi. Tingkat kesulitan BAS sangat rendah dan mudah dipahami. Tingkat keterbacaan BAS sangat tinggi dan mudah dipahami. Skor keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,34 yang berkategori baik. Frekuensi aktivitas siswa yang menonjol adalah mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru sebesar 26,37%. Persentase respon siswa terhadap model pembelajaran sebesar 94,6%. Skor ketuntasan belajar siswa dari Tes Hasil Belajar (THB) uji coba I soal pretest adalah 66,5 (20%), pada posttest 88 (90%). Uji coba II soal pretest adalah 57,1 (17%), pada posttest 81,5 (92%). Kendala dalam kegiatan pembelajaran adalah media yang dimiliki sekolah sangat sedikit dan pada awal pertemuan ada beberapa siswa yang masih pasif, namun pada pertemuan berikutnya sudah tidak nampak. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran terpadu model sequenced untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan dan mempunyai kualitas yang baik, namun masih memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah.

                                                                                                                                

Abstract

Research aim to develop an integrated learning device type sequenced in a sub-theme œvarious job to train the critical of student thinking skill of grade 4 in SDN Tambak Sumur Waru. This research is carried out in two stages, namely preparation stage that aims is to develop an equipment to follow the design of 4D models from Thiagarajan (1974) that was modified to 3D continued with the lesson in class with using the draft one group pretest-posttest design. Result of research data is as follows: result of the validation BAS has good category and can be used by revision. Level of difficulty students textbook is very low and easy to understand. High legibility student textbook is very high and it is easy to understand. The score completed learning is 3,34 were categorized as well. The major frequency of dominant students activities are listening or implementing of the teacher explanation is 26,37%. The percentage of students response to learning model is 94,6%. The score completed score of the learning result test (THB) trial I about pretest is 66,5 (20%) in posttest 88 (90%). Trial II, pretest is 57,1 (17%), in posttest 81,5 (92%). The problems of learning activities are a lack of in media school and at the beginning of the meetings, there are a number of students who are passive but do not come in the next meeting. Based on the analysis data result, it can be concluded that integrated learning device type sequenced to train critical of thinking skills can be developed and have a good quality, but still needs adjustment to the situation and conditions in schools.

 

References

Djuanda, D. (2006). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, 113.

Islam, F. M., Nyoto, H., (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Dalam Tema 8 Kelas 4 Sd, 2(7), 613628.

Kamdi, W. (2011). Paradigma Baru Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan: Kerangka Pikir Inovasi Pembelajaran, 34(1), 8190.

Kustijono, R. (2013). Dalam Mata Kuliah Multimedia Pada Mahasiswa Fisika Unesa, 2(1), 127134.

Maryani, E. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran Ips Keterampilan Sosial, 9(1), 1111.

Nugroho, B. D., Wibowo, A. N., Andini, S., (2014). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX_Juni 2014_TOC.pdf. Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

Purwatiningsih, S. P. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, Yang Diselenggarakan Oleh Prodi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Malang, Tema: œPeran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdaya Saing Global, Malang, 21, (A), 710718.

Saraswati, Y. (2007). Integrated Pada Subpokok Bahasan Mata Sebagai Alat Optik, (41).

Sukardiyono, Wilujeng, I., Nurohman, S., (2015). Active Learning Pada Peningkatan Profesionalisme Guru Dan Dosen , IV(1), 309312.
Susbiyanto Insih, W. (2013). Developing The 2013 Curriculum-Based Science Learning Kit To Improve Process Skills, Honesty And Responsibility, (2), 86103.

Sustiawati, N. L., Suryatini, N. K., Agung, A., & Mayun, A. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning, 33.

Utami, R. (2004). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Ipa Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio Melalui Lesson Study Di Smp Sekolah Alam Dan Sains Aljannah Jakarta, (1995), 627637.

Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran, (June).

Downloads

Published

2018-11-16

How to Cite

Vidianto, I. D., Riyanto, Y., & Nasution, N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Sequenced Tema Berbagai Pekerjaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(2), 92–96. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p92-96
Abstract views: 2586 , PDF Downloads: 1897