Teknik Penguatan Dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p113-123Keywords:
Semangat Belajar, Yel-yel Motivasi, Jam-jam Akhir PelajaranAbstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui semangat belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan penguatan dan yel-yel motivasi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII C SMPN 33 Surabaya semester ganjil Tahun Pelajaran 2007 2008 yang berjumlah 38. Obyek penelitiannya adalah semangat belajar peserta didik. Prosedur yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hipotesis yang diajukan yaitu, penggunaan penguatan dan yel-yel motivasi pada jam-jam akhir pelajaran dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam iklim kelas yang menyenangkan. Hasil analisis terhadap semangat, sebelum diberi penguatan dan yel-yel motivasi, semangat belajar peserta didik menurun pada jam-jam akhir pelajaran, terjadi peningkatan semangat setelah diberi teknik penguatan dan yel-yel motivasi disela-sela pembelajaran. Dalam pelaksanaan penggunaan pada jam-jam akhir pelajaranan peserta didik terlalu bersemangat sehingga kelas disebelahnya merasa terganggu, dalam mengerjakan soal-soal latihanpun mengucapkan yel-yel motivasi, sehingga dikhawatrikan membuyarkan konsentrasi belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, hipotesa penggunaan penguatan dan yel-yel motivasi pada jam-jam akhir pelajaran dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam iklim kelas yang menyenangkan dapat diterima.
Abstract
The purpose of this research is to know the students anthusiasm before and after using the inforcement and the motivation yells, and to know the factors which influence the implementation. This research is the class action one. The subjects of the research are the students in class 7 C of SMPN 33 Surabaya in the odd semester in the learning year 2007 2008. They are 38 students. The research object is the students anthusiasm. The performed procedure devided into cycle I and II, each cycle consists of planning, action, observing and reflection. The research used the qualitative descriptive analysis. The hypothesis of research is the usage of inforcement and motivation yells at the ending periods can increase the students anthusiasm in the learning process in exciting situation. Based on the researchers onservation that the students anthusiasm at the ending lesson periods before given the inforcement and the motivation yells decreased, but their anthusiasm increased after given the inforcement and the motivation yells for the learning process. Based on the research result that the hypothesis the usage of the inforcement and the motivation yells at the ending lesson periods can increase the students anthusiasm in exciting situation and they can be recieved welll.
References
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Barnawi & Mohammad Arifin, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: ArRuzz
Hadiyanto, 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno.2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hartono, Rudi, 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva press.
Hasibuan, Noedjiono, 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
http://ejournal.unesa.ac.id/article/2384/30/article.pdf. Diakses tanggal 10 Desember 2016. Jam 11.10
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1174/1047. Diakses tanggal 10 Desember 2016. Jam 11.45
http://sutiada.blogspot.co.id/2012/11/teori belajar-perilaku.html. Diakses tanggal 9 Desember 2016. Jam 12.03.
Marno & M. Idris. (2014). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kunandar, 2008. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sumadi Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pres.
Sanjaya, Wina, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana
Suparlan, 2008. Membangun Sekolah Efektif. Yogjakarta: Hikayat
Suud, Udin Saefudin, 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Konstektual (Consttectual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Wahab, Abdul Azis, 2008. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

