PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI LATIHAN SOAL-SOAL PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nadia Lutfi Choirunnisa Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Dwi Febriani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p109-115

Abstract

Pada era digitalisasi, diperlukan inovasi media pembelajaran agar siswa dapat menggunakannya kapan saja dan di mana saja. Permainan ular tangga yang biasanya dimainkan secara konvensional dikemas menjadi bentuk digital untuk memberikan pengalaman baru siswa dalam menyelesaikan latihan soal-soal pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika khususnya mengoptimalkan latihan soal-soal pecahan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah 4D dengan tahapan penelitian pengembangan yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Namun pada penelitian ini hanya terbatas sampai tahap ketiga. Hasil dari penelitian ini adalah 1) media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada topik pecahan penjumlahan dan pengurangan kelas V SD dinyatakan valid dan memiliki kriteria yang sangat baik pada semua kriteria, 2) ujicoba media memperoleh hasil angket siswa dengan tingkat persentase sebesar 92,56 % (Sangat Baik) dan hasil angket guru dengan tingkat persentase sebesar 92,5 % (Sangat Baik), 3) media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital layak digunakan untuk mengoptimalkan latihan soal-soal khususnya pada topik pecahan.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Choirunnisa, N. L., & Febriani , R. D. (2022). PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI LATIHAN SOAL-SOAL PECAHAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 109–115. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p109-115
Abstract views: 804 , PDF Downloads: 578