PENGARUH PERMAINAN HARTA KARUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP RUANG ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • I Gusti Ayu Mastini Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p131-137

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana persepsi anak tentang konsep ruang berubah akibat bermain dengan harta karun. Anak-anak berusia antara 5 dan 6 tahun menjadi subjek penelitian ini di Gorontalo. Pendekatan eksperimen dengan one group pretest-posttest design digunakan untuk mengatasi permasalahan penelitian yang berkaitan dengan konsep ruang. Terdapat pengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep ruang, hal ini dapat disimpulkan dari delapan perlakuan bermain harta karun. Hal ini ditunjukkan dengan selisih skor rata-rata keseluruhan sebelum dan sesudah menggunakan permainan harta karun, yaitu masing-masing 14,8 dan 52. Berdasarkan uji t dapat diketahui hasil uji yang signifikan, dengan t hitung = 14,08 dan nilai t tabel pada α = 0,05 atau 2,064. Oleh karena itu, jika t hitung melebihi t tabel, maka Ho ditolak atau H1 diterima, yang menunjukkan bahwa permainan harta karun berdampak pada kemampuan seseorang untuk memahami konsep.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Ardini, P. P., Mastini, I. G. A. ., & Sutisna, I. (2023). PENGARUH PERMAINAN HARTA KARUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP RUANG ANAK USIA 5-6 TAHUN. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 7(2), 131–137. https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p131-137
Abstract views: 234 , PDF Downloads: 780